Bangka Tengah Bangun Pembenihan Karet

on .

Koba - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membangun kebun pembenihan bibit karet seluas 26 hektare di Dusun Batu Putih, Kecamatan Namang.

"Pembenihan bibit karet untuk memperbaiki kualitas tanaman karet rakyat, namun saran saya di lahan seluas ini tidak hanya pembibitan karet saja tetapi juga lada dan komoditas lainnya," kata Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Rosman usai meresmikan pembukaan lahan pembibitan bibit karet di Dusun Batu Putih, Selasa.

Bupati meminta lahan tersebut dijadikan kawasan agrobisnis yang menjadi pusat pembibitan terbesar di daerah itu.

"Ke depan saya minta ini menjadi pusat pembenihan terpadu yang menyediakan aneka jenis bibit unggulan untuk memperbaiki sektor pertanian dan perkebunan di daerah ini," ujarnya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah Stevanus Widodo mengatakan lahan pembibitan seluas 26 hektare tersebut adalah satu hamparan.

"Masih ada beberapa hektare yang belum dimanfaatkan, maka kami minta arahan dari bupati lahan tersebut mau dimanfaatkan untuk apa dan bupati menyarankan untuk pembibitan lada tentu ini kami respon dengan baik," ujarnya.

Ia menjelaskan lahan seluas 26 hektare tersebut yaitu 20 hektare merupakan lahan kebun sumber benih tanaman karet, satu hektare kebun enteres, kebun batang bawah satu hektare dan areal perkantoran dan gudang sekitar setengah hektare.

"Masih ada tersisa beberapa hektare yang belum ditanami dan memang kami akan menjadikan ini kebun benih terpadu," ujarnya.