Pleno KPU, Erzaldi-Fatah Ditetapkan Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Babel Terpilih Periode 2017-2022

on .

PANGKALPINANG – Rabu (15/03/2017) bertempat di Ballroom Hotel Santika Pangkalpinang, KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih  Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2017.

Rapat Pleno tersebut dibuka oleh Ketua KPU Fahrurrozi, dalam pembukaan tersebut ia mengatakan bahwa Rapat pleno tersebut sebagai rangkaian terakhir dari seluruh rangkaian tahapan Pilkada Babel Tahun 2017.

Fahrurrozi menjelaskan bahwa rapat pleno  rekapitulasi sudah berlangsung berjenjang, mulai dari tingkat TPS, PPS, Kecamatan, kemudian tingkat Kabupaten dan terakhir di tingkat Provinsi sudah dilaksanakan, dan KPU Babel sudah berupaya mengakomodir seluruh keberatan sekiranya ada, dan bila ada rekomendasi dari Panwaslu dan Bawaslu jajaran sampai kebawah. Dalam rangkaian tersebut ia bersyukur bahwa pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar dan tertib.

“Rakyat sudah menentukan pilihan, maka kami sebagai penyelenggara hanya menetapkan saja secara terbuka”, ungkapnya.

Setelah KPU Babel memperoleh keterangan dari Surat Mahkamah Konstitusi Nomor 32/PAN.MK/3/2017 tanggal 13 Maret 2017 bahwa tidak ada perselisihan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2017, maka paling lambat tiga hari mereka harus menetapkan pasangan calon terpilih. Oleh karena itu KPU Babel melaksanakan rapat pleno terbuka untuk menetapkan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2017.

Fahrurrozi pun membacakan Surat Keputusan KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor 09/HK.03.1-Kpt/19/Prov/III/2017 tanggal 15 Maret 2017 tentang Penetapan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2017 yang diterbitkan berdasarkan Berita Acara Pleno KPU Nomor 14/PL.03.7-BA/03/Prov/III/2017 tanggal 15 Maret 2017 tentang Penetapan Pasangan Calon Gubernur Dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Periode 2017-2022 Pada Pemilihan Tahun 2017.

“Menetapkan Pasangan Calon Gubernur Dan Wakil Gubernur Terpilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2017 nomor urut 4 (empat), Saudara Erzaldi Rosman dan Saudara Drs.H.Abdul Fattah, M.Si dengan perolehan suara terbanyak 213.442 suara atau 38,94 % dari total suara sah”, tutur Fahrurrozi diikuti dengan riuh tepukan para undangan yang hadir.

Fahrurrozi pada kesempatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada Pihak TNI dan POLRI , Pasangan Calon, Partai Politik serta pihak-pihak lainnya yang telah memberikan kontribusi yang sangat nyata dalam memelihara demokrasi di Bangka Belitung,

“Kepada seluruh peserta Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur kami ucapkan terima kasih, karena sudah menunjukkan kelasnya sebagai politisi yang santun yang paham demokrasi, untuk pembangunan dan pendidikan demokrasi kedepan”, ucapnya.

Drs.H.Abdul Fattah, M.Si dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas terselenggara dan suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan rasa aman dan damai, dan tentunya tidak terlepas dari peran berbagai instansi yang terkait serta peran rekan-rekan media.

Dalam kesempatan tersebut,Abdul  Fattah juga menyampaikan beberapa pesan.

“Pertama  bahwa proses politik secara demokratis melalui Pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur telah selesai, mari kita jalin rasa persatuan, kesatuan seluruh masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk membangun Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang maju. Kedua, dalam menyongsong pembangunan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 5 (lima) tahun kedepan, marilah kita saling bahu membahu memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat melalui program prioritas yang telah dicanangkan oleh kita bersama-sama. Ketiga, kami senantiasa siap terus bekerja keras serta professional untuk mewujudkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang bermartabat. Keempat, kami mengharapkan yang sebesar-besarnya dari masyarakat untuk memberikan saran dan masukan terhadap seluruh proses penyelenggaraan pemerintahan dilingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam rangka peningkatan perbaikan kualitas pelayanan yang lebih baik”, tuturnya.

Diakhir acara, Fahrurrozi menyatakan bahwa tahapan pilkada di KPU telah berakhir, setelah pleno KPU terbuka ini, paling lambat 3 (tiga) hari KPU Babel akan menyampaikan Surat Keputusan KPU tentang Penetapan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih kepada DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Surat Keputusan KPU tersebut sebagai dasar bagi DPRD Babel untuk menggelar rapat paripurna istimewa penetapan pasangan Erzaldi-Fattah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Periode 2017-2022, dan hasil rapat paripurna istimewa itu akan ditindaklanjuti dengan pengusulan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur ke Presiden melalui Menteri Dalam Negeri.

Sumber: Dinas Kominfo
Penulis: Noviansyah
Fotografer: Khalimo Tabarani
Editor: Ahmad Fauzan Syahzian