Cegah Kanker Serviks, Bangka Tengah Canangkan BUCEKAS

on .

Namang - dalam rangka memperingati hari Kartini, Kementerian Kesehatan RI melakukan gerakan pemeriksaan IV A/ Pap smears secara serempak seluruh Indonesia, yang dimulai dari tanggal 17 hingga 22 April 2017.

Bertempat di halaman Puskesmas Namang, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah Melalui Dinas Kesehatan melaksanakan Pencanangan Bucekas (bulan cegah kanker serviks), jumat (21/04/2017) sebagai upaya pencegahan kanker serviks yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara.


Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah mengatakan, salah satu upaya pencegahan kanker serviks yang dilaksanakan oleh Pemkab Bangka Tengah yaitu dengan melakukan pemeriksaan IV A di smua puskesmas yang ada di Kabupaten Bangka Tengah. "Diharapkan dengan adanya pencanangan ini ibu-ibu kader puskesmas dapat mengajak ibu dan perempuan untuk melakukan pemeriksaaan sehingga terpantau sejak dini," kata Bahrun.


Hadir dalam acara tersebut Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra, Yufendi, Kepala Dinas Kesehatan Bateng dr. Bahrun, Direktur RSUD Bateng, Camat Namang, Kapolsek Namang serta tamu undangan lainnya. Mewakili Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Rosman, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yufendi mengatakan, penyakit kanker masih menjadi masalah serius termasuk di Bangka Tengah, sehingga dibutuhkan peran aktif puskesmas dalam hal pencegahan.


"Melalui Bucekas, diharapkan  puskesmas dapat melaksanakan kegiatan ini secara berkesinambungan sehingga dapat d deteksi secara dini, puskesmas dapat mensosialisasikan agar masyarakat secara sadar datang untuk memeriksakan dirinya,"ujar Yufendi.


Acara dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen pemeriksaan IV A, pemberian piagam kepada PKM terbaik (PKM Lampur dan PKM Namang) dalam capaian tertinggi pemeriksaan IV A, serta mendengarkan paparan kanker serviks oleh dr. Tri Dewi Astuti.

 

  • Sumber    : Kominfo Bangka Tengah
  • Penulis     : Elywati
  • Fotografer : Abdul Nazir