Paparan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap

on .

Koba – PRONA adalah singkatan dari Proyek Operasi Nasional Agraria yang menjadi program unggulan dari Kementerian Agraria danTata Ruang/Badan Pertanahan Nasional guna memberikan pelayanan pendaftaran tanah pertama kali dengan proses yang sederhana, mudah, cepat dan murah.

Pada tahun 2017 Kabupaten Bangka Tengah mendapatkan kuota 12.500 tanah untuk dibuatkan sertifikatnya. “Dengan jumlah yang cukup banyak kami sangat membutuhkan kerjasama dari bapak dan ibu sekaian untuk mensukseskan program tersebut,” ujar Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Bangka Belitung,  Ir. Iwan Taruna Isa, MURP ketika memberikan sambutan pada acara Paparan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, di Ruang Rapat VIP Kantor Bupati Bangka Tengah pada Kamis (3/8/17).

Acara yang dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dan para Lurah/Kepala Desa terutama di 3 kecamatan yang menjadi sasaran dari program ini yaitu Kecamatan Koba, Kecamatan Simpangkatis dan Kecamatan Sungaiselan. Banyak kegunaan ketika masyarakat telah mensertifikatkan tanah miliknya yang paling utama adalah perlindungan secara hukum dan diakui oleh negara atas aset miliknya tersebut.

“Dan bagi pemerintah dapat diperolehnya data yang valid menyangkut tanah dan sumber daya alam sehingga dapat data ini dapat dipergunakan dalam proses pembangunan, karena sekarang ini sistem yang dilakukan menggunakan peralatan modern seperti penggunaan drone untuk pengambilan foto lokasi dari atas sehingga data yang diperoleh lebih akurat dan cepat,” ujarnya menambahkan.

 Sementara itu Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ir. Heru Irianto yang mewakili Bupati Bangka Tengah dalam acara tersebut mengatakan, “Keberhasilan program ini dibutuhkan kerjasama dan komitmen dari semua stekholder yang ada. Karena dari total 40.000 kuota yan ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kabupaten Bangka Tengah mendapatkan jatah 12.500, ini jumlah yang tidak sedikit untuk itu aparatur desa terutama masyarakat harus ikut membantu karena merekalah yang nantinya sangat diuntungkan dengan adanya program ini,” ujarnya mengakhiri sambutan.  

 

Sumber : Kominfo Bangka Tengah

Penulis  : Sultony Hanienditio

Foto      : Suhendra