Kota Koba Meraih Adipura Pertama Kalinya

on .

Koba - Kota Koba sebagai Ibu Kota Kabupaten Bangka Tengah untuk pertama kalinya berhasil meraih Piala Adipura tahun 2017. Piala Adipura diterima langsung oleh Bupati Bangka Tengah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta.

Penghargaan Piala Adipura ini diberikan oleh oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bagi kota yang masuk kategori dan indikator untuk menerima anugerah yang peduli lingkungan.

Dalam sambutannya, Bupati Bangka Tengah Ir. H. Ibnu Saleh MM, saat apel mingguan dihalaman Kantor Bupati Bangka Tengah, Senin 7 Agustus 2017 menyampaikan terimakasih kepada pasukan kuning dan Dinas Lingkungan Hidup serta seluruh masyarakat Kabupaten Bangka Tengah.

“Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih kepada pasukan kuning dan Dinas Lingkungan Hidup dan masyarakat Bangka Tengah dan kota Koba khususnya karena berkat kerja kerasnya selama ini dalam menjaga kebersihan dan lingkungan, kota Koba berhasil meraih Piala Adipura untuk pertama kalinya,” kata Ibnu Saleh.

Lanjutnya, untuk meraih piala Adipura ini tidaklah mudah karena penilaian yang dilakukan oleh tim penilai bukan hanya mengenai kebersihan saja tetapi juga dalam menjaga lingkungan yang baik.

“Untuk itu marilah kita semua mempertahankan piala adipura yang sudah kita peroleh ini karena untuk mendapatkannya tidaklah mudah dan kepada seluruh OPD dilingkungan pemda Bangka Tengah untuk membuat program kerja yang berhubungan dengan lingkungan hidup agar piala adipura dapat kita raih kembali,” ujar Ibnu.

Setelah apel pagi, kegiatan dilanjutkan dengan membawa piala adipura keliling Kota Koba yang dilakukan oleh Bupati dan didampingi oleh ketua DPRD Bangka Tengah serta Kapolres Bangka Tengah. Arak-arakan piala adipura finish di pendopo rumah dinas Bupati Bangka Tengah dan dilanjutkan dengan ramah tamah dengan pasukan kuning.

Saat di pendopo rumah dinas, Bupati Bangka Tengah mengatakan, Bangka Tengah sudah lama berusaha mendapatkan piala adipura ini, namun baru tahun ini bisa mendapatkannya.

“Bangka Tengah ini sudah lama berusaha untuk mendapatkan piala adipura ini, namun baru tahun ini bisa kita peroleh. Mulai dari tahun 2012 dan 2013 Bangka Tengah hanya memperoleh sertifikat saja tahun 2014 dan 2015 tidak dapat sama sekali karena peristiwa kebaran hutan kota dan musibah banjir,” kata Ibnu Saleh dihadapan pasukan kuning dan tamu undangan.

Sementara itu ketua DPRD Bangka Tengah, Algafry Rahman, ST mengatakan, Piala Adipura  yang diperoleh oleh Kota Koba merupakan salah satu bentuk prestasi yang diraih oleh Kabupaten Bangka Tengah.

“Piala Adipura ini merupakan sebuah prestasi yang membanggakan bagi Bangka Tengah, untuk itu kepada kita semua saya mengajak untuk menjaganya dan mempertahankan prestasi ini dengan menjaga kebersihan dan keindahan kota koba, jangan merusak taman, mengotorinya bahkan merusak fasilitas yang ada di dalamnya dan ini merupakan tanggung jawab kita semua,” kata Algafry. Lanjutnya, tanpa ada dukungan dari masyarakat dalam menjaga kebersihan mustahil kota koba bisa memperoleh piala adipura.

Sumber                   : Kominfo Bangka Tengah

Fotografer & Penulis : Suhendra, S.Sos