Bangka Tengah Launching Program Inovasi Desa (Besame Rakyat)

on .

Koba - Koba - Bupati Bangka Tengah membuka kegiatan bursa inovasi desa dan launching program Bersama Membangun Ekonomi Kerakyatan (Besame Rakyat) di gedung serbaguna komplek perkantoran Pemda Bangka Tengah Rabu 29 November 2017. Hadir dalam kegiatan ini ketua DPRD Bangka Tengah, kepala OPD, perwakilan pemerintahan desa Provinsi Bangka Belitung, camat, ketua APDESI Bangka Tengah kepala desa beserta perangkatnya.

Dalam sambutannya Bupati Bangka Tengah mengatakan, bahwa Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraaan masyarakat desa.

 “Program inovasi desa merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan program rencana dan pelaksanaan pembangunan desa yang berkualitas secara lebih kreatif. Sehingga dapat mendorong pengembangan ekonomi lokal dan pengembangan sumber daya manusia,” kata Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM.

Lanjutnya, kegiatan bursa inovasi desa ini bertujuan untuk memperkenalkan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pembangunan desa yang sudah dinilai inovatif. Program inovasi desa hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan desa dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan masyarakat desa tersebut.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat mengembangkan kewirausahaan di desa, meningkatkan kualitas SDM di desa dan pemenuhan dan peningkatan infrastruktur pedesaaan serta kualitas penggunaan dana desa melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemeberdayaan masyarakat desa yang lebih inovatif di Bangka Tengah ini,” kata Ibnu.

Berdasarkan Peraturan Bupati No. 53 tahun 2017 tentang bersama membangun ekonomi kerakyatan ada beberapa bidang yaitu bidang pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan/kelautan, penanaman modal, koperasi dan umkm, pemberdayaan masyarakat dan pembangunan ekonomi desa, sosial budaya, pariwisata, lingkungan hidup, perkebunan dan kegiatan lainnya yang berskala lokal desa.

Dihakhir sambutannya Bupati Bangka Tengah berpesan agar seluruh OPD yang berkaitan untuk ikut membantu masyarakat desa dalam menjalankan inovasi-inovasi masyarakat desa dan kepada pihak desa carilah inovasi-inovasi yang bisa dikembangkan di desa masing-masing dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat desa masing-masing.


Sumber : Kominfo Bangka Tengah
Fotografer & Penulis: Suhendra, S.Sos