6 Kecamatan Di Kabupaten Bangka Tengah Antusias Ikuti Lomba B2SA Tingkat Kabupaten

on .

Koba -  Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bekerja sama dengan Tim penggerak PKK Kabupaten Bangka Tengah menyelenggarakan acara Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang Dan Aman) dan Lomba Gelar Pangan Kelompok Wanita Tani (KWT) Se-Kabupaten Bangka Tengah.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan Dinas Pangan dan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Lomba Cipta Menu B2SA ini dilakukan dari lomba tingkat kecamatan, tingkat kabupaten, tingkat provinsi hingga Tingkat Nasional.

Peserta yang hadir merupakan pemenang dari lomba cipta menu B2SA masing-masing Kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Tengah, yaitu Kecamatan Pangkalan Baru, Kecamatan Namang, Kecamatan Koba, Kecamatan Lubuk Besar, Kecamatan Sungai Selan, dan Kecamatan Simpang Katis.

Juri dalam perlombaan lomba cipta menu B2SA yaitu ibu Wiwik Sri Suryani, A.Md (Ketua Pokja III TP PKK Kabupaten Bangka Tengah), Bapak Martinus Maryadi Setiawan, S.Si (Chef Soll Marina Hotel) dan Ibu Dewi Indah Cahyani, SP, MM (Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung), Demsi Apriadi, SP (Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah) dan Febriani Safitri, S.Gz (RSUD Kabupaten Bangka Tengah)

Febriyanti, SST selaku Kasi Keamanan Pangan menjelaskan bahwa, “Menu - menu yang ditampilkan para peserta merupakan menu harian untuk keluarga yang terdiri dari seorang bapak dengan umur 40 tahun, ibu umur 35 tahun dan anak perempuan umur 12 tahun, oleh karena itu para peserta harus berinovasi dengan menu-menu yang dibuat karena bahan makanan tidak boleh terbuat dari tepung terigu dan beras akan tetapi mengutamakan produk olahan lokal,” jelasnya.

Ditempat yang sama juga diadakan Lomba Gelar Produk Pangan Daerah dengan peserta yang berasal dari Kelompok Wanita Tani (KWT) yang mewakili masing-masing kecamatan. Demsi Apriadi, SP selaku Kasi Penganekaragaman dan Konsumsi Pangan di Dinas Pangan menjelaskan bahwa peserta yang ikut dalam lomba gelar produk pangan sebelumnya sudah mendapat pembinaan rutin dari Dinas Pangan melalui penyuluh pertanian yang ada di tiap desa, beliau menambahkan dalam perlombaan ini  banyaknya produk olahan, kreatifitas, penampilan display, dan pemasaran produk merupakan kriteria penilaian.  Juri dalam perlombaan Gelar Produk Pangan B2SA yaitu Bapak Edi Romadhoni, SP dari Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah, Bapak Sukandar, SP dari Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah, dan Ibu Euis dari Pokja III, TP.PKK Kabupaten Bangka Tengah.

Ibu Hj. Iriani Melita, Bsc selaku Ketua TP.PKK Kabupaten Bangka Tengah dalam sambutannya mengatakan, “Salah satu faktor penting yang mempengaruhi terwujudnya sumberdaya manusia yang berkualitas adalah konsumsi pangan, bukti empiris menunjukan bahwa kualitas SDM sangat ditentukan oleh status gizi yang baik, dimana status gizi yang baik ditentukan oleh jumlah asupan pangan yang dikonsumsi oleh karena itu masalah gizi saat ini menjadi fokus pemerintah” ujarnya.

“Terus dikembangkan B2SA nya sudah mulai bagus dan kalau ada inovasi yang baru dikembangkan dan dipasarkan, karena Pemerintah Bangka Tengah sudah mempunyai tempat pemasaran yang berada di Giant Extra , dan mudah-mudahan kedepannya lebih baik lagi dari sekarang,” harapnya.

Di akhir acara pemenang lomba cipta menu dan lomba gelar pangan B2SA diumumkan secara serentak dan hadiah berupa piala,piagam dan bingkisan diberikan langsung oleh Ibu Hj. Iriani Melita, Bsc selaku Ketua TP.PKK Kabupaten Bangka Tengah kepada para pemenang lomba.

Pemenang Lomba Cipta Menu B2SA yaitu  Juara 1 dari Kecamatan Pangkalan Baru, Juara 2 dari Kecamatan Lubuk Besar, Juara 3 dari Kecamatan Namang, Juara Harapan 1 dari Kecamatan Simpang Katis, Juara Harapan 2 dari Kecamatan Sungai Selan,dan Harapan 3 dari Kecamatan Koba. Juara 1 lomba cipta menu berhak mewakili Kabupaten Bangka Tengah ke tingkat Provinsi. Pemenang Lomba Gelar Pangan B2SA yaitu Juara 1 dari KWT. Rumah Hijau Desa Padang Baru, Juara 2 dari KWT. Saudara Desa Jelutung, Juara 3 dari KWT. Manggis Desa Celuak, Harapan 1 dari KWT. Guntung Desa Guntung, Harapan 2 dari KWT. Lorong Hijau desa Lubuk Besar dan Harapan 3 dari KWT. Teratai desa Kerakas.

 

Sumber : (Kominfo Bangka Tengah)

Penulis & Fotografer : Rini Martini, ST & Ristini