Tim Penilai Lomba Kabupaten Layak Anak Lakukan Penilaian Ke Lapangan.

on .

Koba - Dalam rangka penilaian Kabupaten Layak Anak (KLA) yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan  Perempuan dan Perlindungan dibawah pimpinan dr. Dede Lina Lindayani, Ketua Gugus KLA, Syaifullah Nizam bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Bangka Tengah melakukan pendampingan tim penilai kabupaten layak anak di Kacamatan Sungai Selan.

Tim penilai melakukan penilaian ke lapangan Rabu (02/05/2018) untuk memverifikasi indikator-indikator yang menjadi penilaian untuk Kabupaten Layak Anak, Tim penilai sendiri terdiri dari 3 orang yaitu dari Kementerian PMK, Marwan Syaukani, MSC, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dra. Imiarti Fuadi, MH dan Tim Independen VL KLA, Nanang Abdul Chanan.

Kurang Lebih ada 22 tempat yang dikunjungi oleh Tim Penilai dan salah satu tempat kunjungan mereka adalah Desa Layak Anak yang terletak di Desa Sungai Selan,  untuk melihat taman bermain, Sekretariat Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) yang ada di Kecamatan Sungai Selan, Desa Melabun sebagai desa Forum Anak Terbaik, Puskesmas ramah anak di Kecamatan Koba, SD 1 Koba, SLTP 1 Koba dan lanjut ke “Kampung Dongeng”.

Pada saat tim penilai verifikasi lapangan di Sekretariat Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) yang ada di Kecamatan Sungai Selan, tim melakukan tanya jawab tentang kegiatan-kegiatan dan inovasi yang telah dilaksanakan oleh para pengurus.

Dra. Imiarti Fuadi, MH sebagai tim penilai juga mengatakan agar para pengurus dapat diberikan pelatihan-pelatihan sehingga nantinya dapat menghasilkan trainer-trainer baru agar dapat memperjuangkan pemenuhan hak anak di Bangka Tengah. Selanjutnya mereka melakukan peninjauan dan penilaian ke desa melabun Kabupaten Bangka Tengah anak-anak sedang asyik membaca buku dan bermain di taman bermain yang lokasinya tidak jauh dari kantor desa, disana tim penilai langsung melakukan interaksi kepada anak-anak didampingi oleh Kepala Desa Melabun bersama dengan Ketua Gugus KLA.

Pak Nanang salah satu dari tim Penilai juga mengatakan agar desa hendaknya mengembangkan budaya lokal seperti permainan tradisional agar anak-anak dapat melestarikan permainan yang ada didaerahnya sehingga secara tidak langsung juga melestarikan budaya lokal yang ada. “Reward juga dapat diberikan kepada anak-anak yang gemar membaca dengan berkoordinasi dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sehingga dapat menumbuhkan gemar membaca kepada anak “ ujarnya

Secara keseluruhan mereka memberikan Apresiasi yang baik kepada Kabupaten Bangka Tengah atas kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan dan upaya dalam mengikuti lomba Kabupaten Layak Anak.

 

 Sumber (Kominfo Bangka Tengah)

Penulis & Fotografer : Rini Martini, ST & Septian Dwi Primayoga, A.Md