Wujudkan Pemerintahan yang Baik dan Bersih, Pemkab Bateng Gelar SPIP

on .

KOBA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) melalui Inspektorat Kabupaten Bangka Tengah menggelar Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah di Gedung Diklat, pada Kamis (25/10/2018). Kegiatan ini diikuiti oleh para pejabat dan pelaksana serta instansi di lingkungan Pemkab Bangka Tengah.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Bangka Tengah, Drs. Sugianto, M.Si. Menurutnya kegiatan yang dilaksanakan Inspektorat dalam rangka mencipatkan pemerintah yang bersih (clean government)  dalam penerapan dan pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan. Selain itu tujuan acara sosialisasi SPIP ini salah satunya untuk meningkatkan hasil kerja, menghindari kerugian baik berupa barang ataupun uang yang biasa disebut korupsi.

“Semoga setelah kita mendapatkan materi yang disampaikan narasumber nantinya dapat menegetahui dan menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan penyimpangan dalam pemerintahan khususnya di Pemkab Bangka Tengah,” ucap Gustiar.

Sementara, Kepala Inspektorat Kabupaten Bangka Tengah, Drs. Edison Hutagalung menjelaskan sosialisasi SPIP ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pentingnya pengendalian intern pemerintah yang baik dan kuat di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Untuk memenuhi peraturan pemerintah tentang penyelanggaraan SPIP yaitu no 60 Tahun 2008 untuk Tahun 2018 diharapkan seluruh OPD di Bangka Tengah harus sudah bisa melaksanakan, mengingat sistem SPIP merupakan pengendalian yang wajib dilaksanakan oleh seluruh OPD dalam artian pengawasan, pemerikasaan pada semua OPD di Bangka tengah,” jelas Edison.

Sementara, DR. Faisal Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Babel selaku narasumber dalam sosialisasi SPIP ini mengatakan, SPIP ini dilaksanakan dalam rangka mencegah korupsi dan menciptakan aparat pemerintah daerah yang disiplin dan berintegritas, serta membangun dan mengawalnya melalui sistem pengendalian internal pemerintah.

 

 

Sumber : Kominfo Bangka Tengah
Penulis & Fotografer : Hardian & Feka Prasetya