Bangka Tengah Kembali Raih Penghargaan Adipura

on .

KOBA - Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) kembali terima penghargaan Adipura untuk kedua kalinya secara berturut-turut pada Tahun 2017-2018. Pemkab Bangka Tengah merupakan salah satu dari 129 kabupaten/kota yang dianugerahkan penghargaan Adipura.

Selain penghargaan Adipura, Pemkab Bateng  juga raih penghargaan Nirwasita Tantra untuk kategori pemimpin yang peduli akan lingkungan serta respon akan permasalahan lingkungan. Penghargaan tersebut hanya diberikan kepada 12 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Moment ini merupakan sejarah baru bagi Kabupaten Bangka Tengah, hal tersebut dikarenakan Kabupaten Bateng merupakan satu-satunya Kabupaten di Provinsi Babel yang memperoleh penghargaan Nirwasita. Menariknya, Kabupaten Bateng disini berada di posisi pertama  dalam  12 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia yang terpilih pada penghargaan tersebut.

Acara tersebut berlangsung di Auditorium Dr. Soedjarwo gedung Manggala Wanabakti, yang di hadiri oleh wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, Menteri  lingkungan hidup dan kehutanan RI, Siti Nurbaya beserta jajaran Gubernur, bupati/walikota dan pimpinan DPRD, senin, (14/01/2019).

Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, M.M dan Ketua DPRD Bangka Tengah, Algafri Rahman menerima penghargaan tersebut yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, jusuf Kala yang didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bangka Tengah mengucapkan rasa syukurnya dan berterimakasih kepada instansi terkait. karena prestasi yang diperoleh ini merupakan  upaya bersama sehingga Kabupaten Bangka Tengah bisa memperoleh penghargaan tersebut.

 “Alhamdulillah atas dianugrahkannya penghargaan ini, terima kasih banyak kepada seluruh jajaran Dinas lingkungan hidup terkhususnya petugas kebersihan, serta penataan lingkungan, dan unsur Legislatif yang telah banyak mendukung,” ucapnya.

Tidak lupa juga, Orang nomor Satu Bangka Tengah itu mengucapkan terimakasih terkhususnya kepada masyarakat kota Koba dan sekitarnya yang telah bekerja keras bersama-sama dalam mejaga lingkungan di Bangka Tengah secara menyeluruh.

“Semoga pengelolaan kebersihan, terus meningkat dengan didukung inovasi-inovasi yang terus berkembang, agar kedepannya kita dapat mempertahankan kembali gelar adipura ini,”sebutnya.

Ia pun mengajak seluruh segenap lapisan masyarakat Bangka Tengah untuk terus menjaga serta mempertahankan penghargaan yang telah diraih tersebut.

“Mendapatkan pengahrgaan ini tidaklah mudah, banyak sekalin indikator yang harus dilaksanakan dan dipenuhi, salah satunya tidak membuang sampah sembarangan dan peduli dengan kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar, kedepan kita berharap dapat meraih penghargaan Adipura Kencana”sebutnya.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan hidup Bangka Tengah, Ali Imron menyebutkan bahwa penghargaan adipura tersebut diperoleh berkat kerja keras tim baik dari pemerintah daerah yang didukung oleh unsur DPRD Bangka Tengah bersama-sama masyarakat Bangka Tengah yang telah bekerja keras dalam mendapatkan penghargaan yang bergengsi tersebut.

“Selain meraih penghargaan adipura, Pemkab Bateng dan pimpinan DPRD Bangka Tengah juga menerima penghargaan Nirwasita Tantra, yaitu penghargaan yang diberikan kepada Kepala Daerah dan Pimpinan DPRD yang sangat peduli dengan lingkungan,” pungkasnya.

 

Sumber : BabelPos