Pemkab Bangka Tengah Giatkan Standarisasi Peningkatan Kualitas Produk IKM

on .

Koba – Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah terus berupaya meningkatkan Kualitas Produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) melalui Standarisasi P-IRT dengan mengadakan Kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan Tahun 2019 di Gedung Diklat BKPSDMD Pemkab Bangka Tengah, Selasa (05/03/2019).

Kegiatan yang diikuti sebanyak 50 (lima puluh) peserta yang terdiri dari Pelaku Usaha IKM yang berada di wilayah Kabupaten Bangka Tengah diharapkan dapat memberikan pemahaman dan informasi tentang keamanan pangan produk IKM untuk mendapatkan uji keamanan pangan kepada pelaku usaha IKM.

Adapun kegiatan ini dilaksanakan agar peserta memahami tentang pentingnya keamanan pangan produk-produk yang dihasilkan oleh IKM. Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi  dan Usaha Kecil dan Menengah menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah agar para peserta dapat memahami tatacara pengolahan pangan yang baik sehingga kebersihan produk bisa terjaga dan tentunya akan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

Selain itu, pemberian setifikat uji keamanan pangan kepada pelaku usaha atau Industri Kecil dan Menengah menjadi salah satu prasyarat dalam pembuatan izin P-IRT. Begitu juga sebagai persyaratan mendapatkan sertiffikat uji nutrisi.

Bupati Bangka Tengah dalam hal ini diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan ( Asisten II) Kabupaten Bangka Tengah drg. Anas Ma’ruf dalam sambutannya mengatakan agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan menerapkannya di masing-masing usaha IKM. Tujuannya agar para peserta usaha agar bisa menjaga kebersihan pengolahan makanan dan sanitasi.

“Mengingat  pemenuhan pangan yang aman dan bermutu merupakan hak asasi setiap manusia,” ujarnya.

Harapannya setelah adanya kegiatan ini para peserta bisa menjaga kebersihan, sanitasi, kondisi air, peralatan, pengolahan, pengemasan hingga memastikan kebersihan tempat penjualan.

 

Sumber : Kominfo Bateng