Gala Siswa SMP Tingkat Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2019 Resmi Dibuka

on .

KOBA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) gelar upacara pembukaan "Gala Siswa Indonesia" Tingkat Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2019 di Stadion Koba, Jumat (08/03/2019).

Upacara pembukaan Gala Siswa Indonesia Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2019 tersebut dipimpin oleh Bupati Bangka Tengah  yang diwakili Staf Ahli, Drs.Pittor, MM , dan diikuti Kepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD) Bangka Tengah, Kepala SMP Se-Bangka Tengah, Pendamping Para Atlet, Dewan Wasit Bangka Tengah,  serta seluruh Kontingen dan Pelatih.

Staf Ahli Bupati Bangka Tengah, Drs.Pittor, MM, selaku inspektur upacara dalam pidatonya menyatakan, upaya Pemkab Bateng dalam menciptakan atlet-atlet yg berkualitas dalam berprestasi tentunya harus mendapatkan perhatian khusus, yakni melalui seleksi atau kompetisi dengan cara dibina.

"Pemkab Bateng melalui Dinas Pendidikan dan Dinas terkait lainnya di Kabupaten Bangka Tengah akan selalu mengupayakan untuk mengatasi kekurangan, kelemahan dan kualitas para atlet. Sebagai indikator keberhasilan para atlet, hari ini diadakan seleksi Gala Siswa jenjang SMP Kabupaten Bangka Tengah dan selanjutnya ke Tingkat Provinsi yg bersifat kompetitif sekaligus untuk menjaring para atlet yg berkualitas," ucapnya.

Dilanjutkannya, menjadi atlet yg hebat dan berkualitas tentunya harus menjujung tinggi sportifitas.

"Sportifitas dalam olahraga adalah segala-galanya. Kalah atau menang dalam berkompetisi merupakan suatu hal wajar. Raihlah prestasi  itu dengan semangat sportifitas dan bermartabat," tegasnya.

Gala Siswa merupakan wadah bagi peserta didik dalam mengembangkan bakat, minat dan prestasi dalam bidang sepakbola. Dalam hal ini, Pemerintah bekerja sama dengan 3 (tiga) instansi terkait yakni Koni, PSSI, dan Kembikbud dengan menjalankan amanat Presiden pada rapat terbatas 24 Januari 2017 tentang percepatan pembangunan sepak bola Nasional.

"Gala Siswa SMP" tingkat Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2019 ini merupakan lanjutan dari pembinaan para atlet muda yang berprestasi dari kalangan pelajar yang berkompetisi bersama pelajar lainnya di Tingkat Provinsi. "Tidak menutup kemungkinan agar dapat ke jenjang lebih tinggi lagi yaitu ke Tingkat Nasional. Saya berharap nantinya akan ada siswa kita yg lahir dari Bumi Selawang Segantang menjadi pesepak bola profesional," harap Staf Ahli Bupati Bateng, Pittor.

Berdasarkan data yang diperoleh, total jumlah atlet  pada event olahraga ini sebanyak 132 atlet termasuk official. Dari total jumlah tersebut terdiri dari 6 Kontingen, yakni kontingen Kecamatan Koba, Lubuk Besar, Pangkalanbaru, Simpangkatis, Sungai Selan dan Namang. 

Untuk jadwal pertandingan babak penyisihan dimulai pada tanggal 8 sampai dengan 26 Maret 2019, dilanjutkan dengan babak semi final pada tanggal 27 Maret dan finalnya tanggal 28 maret 2019.

"Gala Siswa Indonesia Kabupaten Bangka Tengah hari ini resmi dibuka, dan dilanjutkan dengan babak penyisihan sampai penutupan pada tanggal 28 Maret 2019 mendatang. Menariknya pada 28 Maret 2019 nanti akan dilanjutkan dengan pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)," jelas Panitia ke Kominfo Bateng.

 

 

Sumber : Kominfo Bateng