Pemkab Bateng Bangkitkan Kecintaan Budaya Membaca dan Budaya Lokal Pada Anak Melalui Lomba Bercerita

on .

KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bangka Tengah (Bateng) hari ini membuka Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Bangka Tengah di Wisata Hutan Mangrove, Desa Kurau, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah (12/03/2019) pagi.

Kegiatan yang bertemakan “Dengan Lomba Bercerita Kita Cintai Alam untuk Kelestarian Budaya dan Cerita Daerah” ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bateng, Drs. Sugianto,M.Si dan dihadiri Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bateng, Budi Utama,S.STP,M.Si, Kepala Desa Kurau Barat beserta Jajaran, perwakilan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bateng, dan seluruh Perwakilan Guru SD/MI se-Bangka Tengah.

Sekretaris daerah Kabupaten Bangka Tengah, Drs. Sugianto, M.Si, dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan lomba bercerita Tingkat SD/MI ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mencerdaskan anak dengan gemar membaca sejak usia dini. Menurutnya program atau kegiatan yang diadakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bateng sangat efektif dalam meningkatkan gemar membaca pada anak, karena korelasi keduanya dinilai saling mendukung.

“Kegiatan lomba bercerita Tingkat SD/MI se-Bangka Tengah ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan daya minat dan gemar membaca anak-anak. Lomba ini tidak hanya mengacu pada minat baca saja, akan tetapi juga memperkenalkan cerita daerah untuk dipahami dan dapat menjadi pengetahuan anak,” ucap Sekda Kabupaten Bangka Tengah.

Dilanjutkannya, kemampuan dan kesenangan membaca merupakan modal dan faktor penting dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembangunan masyarakat untuk hidup lebih cerdas, berwawasan luas dalam menghadapi peluang dan tantangan di era global. “Rendahnya minat membaca akan mempengaruhi kualitas individu dalam ilmu pengetahuan maupun informasi terbaru, untuk mengantisipasi hal tersebut maka perlu kita tumbuhkan minat membaca sejak dini sebagai generasi penerus nantinya,” pungkasnya.

Selain itu, Sekda Kabupaten Bangka Tengah juga menjelaskan bahwa di era digital saat ini penggunaan smartphone atau internet merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kurangnya minat membaca. Mengantisipasi hal tersebut, diharapkan agar para orang tua dapat mengawasi anak-anak dari penyalahgunaan pemakaian internet. 

“Diketahui saat ini anak-anak kita lebih suka mengakses internet dengan menonton video maupun game secara berlebihan, perlu diketahui jika tidak diawasi maka akan mempengaruhi kurangnya minat anak untuk belajar dan gemar membaca,” jelas Sekda .

Upaya Pemkab Bateng dalam membangkitkan cinta budaya membaca dan budaya lokal yaitu mengajak guru-guru dan siswa-siswi untuk mengunjungi wisata di Bangka Tengah. Karena hal itu dapat menambah pengetahuan bagi anak mengenai nilai-nilai budaya maupun sejarah yang ada di Kabupaten Bangka Tengah.

Jumlah peserta Lomba bercerita Tingkat SD/MI se-Bangka Tengah Tahun 2019 ini sebanyak 56 (Lima Puluh Enam) siswa-siswi, yang difokuskan pada siswa-siswi kelas 4 dan 5. Untuk jadwal pelaksanaannya dimulai selama 4 (empat)  hari, yakni pada tanggal 12 Maret  s.d 15 Maret 2019.

 

Sumber : Kominfo Bangka Tengah