Dindik Bateng Terapkan Simulasi UNBK Paket B dan Paket C

on .

PANGKALAN BARU - Dinas Pendidikan (Dindik) Bangka Tengah mengadakan rangkaian kegiatan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) periode kedua pada Senin (11/03/2019) bertempat di PKBM Atap Langit Pangkalanbaru. Kegiatan pada Maret 2019 ini yang terbagi dalam 3 periode. Pertama pada 3 dan 4 Maret 2019, kedua pada 10 dan 11 Maret 2019, terakhir tanggal 17 dan 18 Maret 2019. Simulasi diterapkan pada peserta didik (disebut Warga Belajar) program Kejar Paket B (setara SMP) dan Paket C (setara SMA) yang terhimpun dalam lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di seluruh Kabupaten Bangka Tengah. Mengingat ijazah mereka setara SMP dan SMA/SMK, Dindik mengharapkan adanya lulusan Paket B dan C yang memiliki kompetensi minimal untuk bisa menggunakan alat informasi dan teknologi.  

Kabupaten Bangka Tengah saat ini memiliki 7 (tujuh) PKBM yang terdaftar aktif di bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI). PKBM tersebut meliputi PKBM Terpadu Lubuk Besar, PKBM Perintis Koba, PKBM Rumah Inspirasi, PKBM Pesisir Namang, PKBM Sabar Menanti Pangkalanbaru, PKBM Atap Langit Pangkalanbaru, PKBM Bintang Prestasi Sungaiselan.

”Tahun ini untuk kali kedua PKBM di Kabupaten Bangka Tengah menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),” ujar Yahyan, A.Md selaku Kepala Bidang PAUDNI (PAUD, Nonformal dan Informal) Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah. “Ke-7 (tujuh) PKBM tersebut akan melaksanakan UNBK di  sekolah yang memiliki fasilitas, diantaranya 5 SMP, 1 SMA dan 1 SMK,” terangnya. Sekolah yang dimaksud Yahyan antara lain  SMAN 1 Lubukbesar, SMKN 1 Pangkalanbaru, SMPN 1 Koba, SMPN 2 Koba, SMPN 3 Pangkalanbaru, SMPN 2 Namang dan SMPN 2 Sungaiselan.

Sebelum dilaksanakannya simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ini, sudah dilaksanakan sosialisasinya di tahun 2018 lalu kepada para Pengelola PKBM agar peserta didiknya bisa mempersiapkan diri melaksanakan UNBK. Sebab, rata-rata warga belajar Paket C usianya di atas normal untuk ukuran peserta didik setingkat SMA sehingga perlu latihan. Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah selanjutnya melaksanakan simulasi UNBK tersebut di sekolah yang memiliki fasilitas komputer. Namun sudah ada 2 PKBM yang mampu melaksanakan simulasi UNBK secara mandiri yaitu PKBM Perintis Koba dan PKBM Terpadu Lubuk Besar.

Dinas Pendidikan bertekad bahwa penerapan UNBK ini menjadi suatu hal yang harus diikuti karena kompetensi dunia pendidikan sekarang memang tidak bisa dipisahkan dengan teknologi. Meskipun implementasinya nanti ujian para warga belajar ini gabung dengan sekolah lain, pelaksanaan UNBK kesetaraan Paket B dan C diselenggarakan terpisah. Untuk Paket C pada 12–16 April 2019 dan untuk Paket B pada 10-13 Mei 2019. Kerjasama yang baik terus dilakukan oleh pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah dalam hal ini dilakukan oleh Kepala Bidang PAUDNI beserta Kasi dan jajarannya dalam upaya memfasilitasi kegiatan UNBK bersama Sekolah Formal.

 

Sumber : Kominfo Bangka Tengah