Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sukses Laksanakan Lomba Bercerita Tingkat SD/MI

on .

KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) hari ini menutup rangkaian acara Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Bangka Tengah di Wisata Hutan Mangrove, Desa Kurau, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Jumat (15/03/2019) pagi.

Acara penutupan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bateng, Drs. Sugianto,M.Si dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bateng, Budi Utama,S.STP,M.Si, Kepala Desa Kurau Barat beserta Jajaran, perwakilan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bateng, dan seluruh Perwakilan Guru SD/MI se-Bangka Tengah.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam pembudayaan kegemaran membaca yakni melalui penyelenggaraan lomba bercerita tingkat Kabupaten. Agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Pemkab Bateng, bertujuan agar pembudayaan kegemaran membaca di kalangan anak-anak dan remaja semakin meningkat. Hal ini dimaksudkan supaya Bateng akan memiliki generasi penerus bangsa yang cerdas, kuat serta bermartabat. Untuk itu perlu adanya upaya yang dilakukan secara terus-menerus dan berkesinambungan dalam menumbuhkan dan mengembangkan kegemaran membaca dengan melibatkan pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan termasuk masyarakat.

“Saya menyampaikan apresiasi atas kerjasama dan dukungan dari semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan lomba bercerita ini,” ujar Sekda.

Secara simbolis dalam penutupan ini, Kepala Desa Kurau Barat, Mattang memberikan sumbangan buku kepada Sekda Bateng yang diteruskan kepada Kepala DKP Bateng, kemudian dilanjutkan dengan pengumuman hasil lomba bercerita yang telah dinilai oleh tim juri selama lomba tersebut berlangsung.

Pada lomba kali ini, juara pertama diraih oleh Zaskia Zulyadi Putri dari SDN 10 Koba yang membawakan cerita Putri Nibung di Sarang Lanun, juara II diraih oleh Ikwatun Aliyah dari SDN 1 Lubuk Besar membawakan judul cerita Ikan Pari Putih , juara III diraih oleh Difa Aprisilia dari SDN 7 Pangkalanbaru yang juga membawakan cerita Ikan Pari Putih. Juara pertama akan mewakili Kabupaten Bangka Tengah dalam lomba bercerita tingkat provinsi.

“Kepada anak-anakku sekalian , saya berharap bagi peserta yang belum mendapat kesempatan tidak berkecil hati karena masih banyak kesempatan dimasa-masa mendatang, dan kekalahan ini adalah kemenangan yang tertunda yang perlu kalian terima dengan lapang dada dan menjadi cambuk untuk lebih maju di masa yang akan datang. Saya mengucapkan selamat kepada peserta yang telah berhasil menjadi juara,” ujar Sugianto menutup acara.

 

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah