Disperindagkop: Harga Tiga Kebutuhan Pokok Stabil

on .

Koba - Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat harga tiga kebutuhan pokok yaitu gula, minyak goreng dan daging masih stabil menjelang Ramadhan tahun ini. "Harga gula pasir Rp12.500 per kilogram, minyak goreng Rp11.000 dan daging sapi Rp80.000 per kilogram. Harga masih stabil dalam beberapa minggu ini. Tiga komoditas ini harganya diambil sesuai Keputusan Dirjen Perdagangan pada pertemuan kami beberapa waktu lalu," kata Kepala Disperindagkop Kabupaten Bangka Tengah, Useng Komara di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, pihaknya terus memantau harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar terutama menjelang Ramdhan tahun ini dengan menurunkan tim khusus. "Menjelang Ramadhan kami lebih rutin turun ke lapangan untuk mengetahui pergerakan harga kebutuhan pokok dan menjamin persediaan stok," ujarnya.

Ia mengatakan, tim tidak hanya sekadar melaporkan kondisi harga kebutuhan pokok di lapangan tetapi juga menyikapi kondisi ketersediaan barang dan mengawasi adanya pedagang nakal. "Tiga kondisi tersebut harus terus diawasi yaitu kondisi harga, persediaan barang dan adanya praktik penimbunan yang dilakukan pedagang nakal," ujarnya menambahkan.

Menurut Useng, pemerintah daerah biasanya segera melakukan operasi pasar di beberapa titik jika terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok sulit dijangkau konsumen. "Kemudian kami juga melakukan inspeksi mendadak terhadap pasar yang diduga pedagangnya memainkan harga atau ada pedagang nakal yang melakukan penimbunan sembako," ujarnya.

 

Sumber (Antara News)