Pemkab Bangka Tengah Ajukan Empat Raperda

on .

Koba - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajukan empat rancangan peraturan daerah kepada DPRD setempat untuk disahkan menjadi peraturan daerah. "Kami siap diundang DPRD untuk membahas raperda tersebut di tingkat pansus, kami akan mengutus asistensi sekretariat daerah dan perangkat daerah untuk hadir dan kami siap menerima kritikan dan saran terkait raperda ini," kata Plt Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, empat raperda yang diajukan ke DPRD adalah Raperda tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD, Raperda tentang Perubahan Keempat atas Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum. Kemudian Raperda Tentang Perubahan Keempat atas Peraturan Daerah Nomor 30 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah dan Raperda Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2014 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. "Raperda ini terkait dengan kepentingan daerah dan publik, tentu kami siap berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak DPRD untuk menyempurnakan produk hukum ini," ujarnya.

Ketua DPRD Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan untuk efektivitas pembahasan Raperda itu selanjutnya pihaknya akan menetapkan mekanisme dan jadwal pembahasan terhadap Raperda itu. "Atas nama DPRD Bangka Tengah diharapkan agar dalam pembahasan nantinya dilaksanakan secara teliti dan cermat dengan tetap berpedoman kepada peraturan perundang-undangan, sehingga pada akhirnya Raperda yang disepakati bersama menjadi Peraturan Daerah yang dapat memberikan kontribusi maksimal terhadap kemajuan daerah," ujarnya.

Ia mengharapkan perda yang sudah ditetapkan dapat menjadi dasar dan payung hukum untuk melaksanakan setiap kegiatan pemerintah daerah. "Perda itu adalah produk hukum daerah yang merupakan buah pemikiran bersama antara eksekutif dan legislatif," ujarnya.

 

Sumber (Antara News)