Bupati Minta Kades Gandeng Pihak Swasta

on .

Koba - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh meminta para kepala desa di daerah itu menggandeng pihak swasta untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan. "Kepala desa harus lebih jeli dan kreatif, jangan hanya mengharapkan gelontoran dana dari pemerintah saja, tetapi juga harus mampu menggandeng pihak swasta untuk berpartisipasi membangun desa," ujarnya di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, semua elemen masyarakat memiliki peran dalam membangun desa termasuk pihak swasta melalui dana CSR untuk kesejahteraan masyarakat di pedesaan. "Banyak cara yang bisa dilakukan pemerintah desa untuk memajukan desa dan menyejahterakan masyarakat, termasuk melibatkan warga untuk berpartisipasi dalam membangun," ujarnya.

Ibnu mengatakan para kepala desa dituntut lebih kreatif dan inovatif dalam membangun desanya dengan menggali potensi sumber daya alam yang ada di desa tersebut. "Desa yang maju itu apabila masyarakatnya sudah mandiri dan pemerintah desa mampu menggali potensi sumber daya alam sebagai sumber pemasukan desa," ujarnya.

Melihat besarnya gelontoran dana untuk desa maka sudah semestinya desa lebih cepat maju di berbagai bidang dan masyarakatnya juga lebih sejahtera. "Namun demikian kami mengharapkan sebuah desa itu bisa mandiri, baik masyarakatnya, pemerintahannya dan keuangan desanya," kata Ibnu Saleh.

Bupati juga meminta setiap program yang dijalankan pemerintah desa bermuara kepada kesejahteraan masyarakat sehingga warga hidup tenteram dan damai. "Masyarakat akan hidup damai dan tenteram apabila mereka sudah sejahtera atau tidak ada lagi masalah dengan perekonomian," ujarnya.

 

Sumber (Antara News)