Pemkab Bangka Tengah Santuni 583 Lansia

on .

Koba - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan uang santunan kepada 583 warga yang sudah lanjut usia, sebagai bentuk kepedulian sosial pemerintah setempat. "Ini sebagai bentuk kepedulian sosial kami dari pemerintah daerah, sudah menjadi program rutin bahwa para lanjut usia bagian dari tanggungjawab pemerintah untuk membantu karena mereka sudah memasuki usia yang tidak produktif lagi," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh usai menyerahkan uang santunan kepada ratusan lansia di daerah itu, Selasa.

Ia menjelaskan, sebanyak 583 para lanjut usia tersebut berasal dari enam kecamatan di daerah ini yaitu Kecamatan Koba, Lubuk Besar, Namang, Simpangkatis, Sungaiselan dan Kecamatan Pangkalanbaru. "Setiap para lanjut usia kami bantu uang santunan sebesar Rp200.000 per orang dan ini adalah bantuan rutin setiap tahunnya, bukan hanya bantuan uang tetapi juga memberikan santunan dalam bentuk lainnya di antaranya pemberian sembilan bahan pokok dan jaminan kesehatan untuk mereka," katanya.

Ia mengatakan, pemberian uang santunan tersebut bukan berarti merendahkan para lanjut usia tetapi justeru sebaliknya sebagai bentuk penghormatan dan rasa terimakasih pemerintah daerah terhadap mereka yang sudah mengisi hari-hari dengan penuh semangat. "Pemerintah daerah memiliki program khusus bagi para lanjut usia untuk memberikan semangat dan menyenangkan mereka pada hari tua mereka, di antaranya kami juga menyediakan taman lansia, posyandu, senam lansia yang pada intinya membuat mereka senang dan bergembira," katanya.

Ibnu mengatakan, para lanjut usia tidak boleh ditelantarkan dan pemerintah memiliki kewajiban untuk memperhatikannya karena memiliki jasa yang sangat besar dalam berbagai aspek kehidupan, baik sosial, budaya dan agama. "Kalau kita berpikir lebih jauh, tanpa para lanjut usia tidak akan ada kita, tidak akan ada para manusia hebat yang sudah menjadi pemimpin di negeri dan daerah ini. Maka itu kami memiliki komitmen yang kuat untuk memperhatikan dan membantu para lanjut usia," katanya.

 

Sumber (Antara News)