Pemkab Tingkatkan Kesehatan Masyarakat Melalui Program Germas

on .

Koba - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan melalui program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). "Kami tentu fokus menjalankan program Germas karena sangat strategis untuk mendorong dan mengajak masyarakat meningkatkan pola hidup sehat," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Selasa.

Bupati mengatakan itu usai menghadiri acara puncak HKN 2017 di daerah itu dengan tema "Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku", dimana dalam meningkatkan kesehatan dengan melakukan pendekatan keluarga. "Peringatan HKN ini sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat," katanya.

Ibnu mengatakan pembangunan kesehatan juga perlu melibatkan lintas sektor melalui gerakan masyarakat hidup sehat karena kerberhasilan program kesehatan tidak lepas dari peran masyarakat dan lintas sektor terkait. "Melalui program Germas kami mengajak kerja sama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat," katanya.

Ia mengatakan, HKN merupakan momentum untuk meneguhkan kembali komitmen serta menggugah semangat agar senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat serta terus berupaya menyadarkan masyarakat agar mandiri dalam aspek kesehatan. "Kesehatan mandiri itu dimana masyarakat sudah memiliki kesadaran yang tinggi akan begitu pentingnya kesehatan bagi kehidupan diri dan keluarga sehingga melakukan pencegahan itu lebih baik daripada mengobati," katanya.

 

Sumber (Antara News)