DPRD Minta Desa Fokus Kembangkan Sektor Unggulan

on .

Koba - Ketua DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Algafry Rahman meminta pemerintah desa lebih fokus mengembangkan sektor unggulan untuk kesejahteraan masyarakat. "Kami dari pihak legislator mendukung penuh apa saja program yang dijalankan pemerintah desa sepanjang ada manfaatnya untuk masyarakat," katanya di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, saat ini arah pembangunan suatu daerah lebih fokus kepada pengembangan daerah pedesaan karena majunya suatu daerah apabila desa dan masyarakatnya sudah lebih maju. "Program bursa inovasi desa yang sudah dicanangkan saya melihatnya sangat bagus, namun jangan hanya sebatas program saja tetapi harus diimplementasikan," katanya.

Ia juga mengatakan, pihak DPRD selalu memprioritaskan anggaran untuk pembangunan desa yang bersumber dari APBD sebagai bentuk dukungan dan komitmen dalam memajukan desa. "Namun demikian anggaran yang begitu besar digelontorkan untuk desa harus berbanding lurus dengan hasil yang dicapai atau jangan justeru terjadi sebaliknya," katanya.

Ia menjelaskan, saat ini setiap desa mendapatkan dana mencapai Rp1 miliar lebih dan itu nominal yang cukup besar untuk memajukan sebuah desa. "Namun kami mengingatkan pemerintah desa jangan terlena dengan besarnya anggaran yang mereka kelola, tetapi harus bisa berpikir kreatif dan terus berinovasi dalam menjalankan program pembangunan," katanya.

 

Sumber (Antara News)