Pemkab Bangka Tengah Bina Usaha Nelayan

on .

Koba - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membina usaha makanan khas berbahan baku ikan yang dikembangkan para nelayan di Desa Kurau. "Sekarang ini para nelayan Kurau sudah mulai mengembangkan sejumlah produk berbahan baku ikan dan ini terus kami bina karena mampu meningkatkan perekonomian keluarga mereka," kata Kepala Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Bangka Tengah, Kaharudin di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, beberapa produk yang sudah dikembangkan para nelayan Kurau di antaranya getas, kripik, kericu, kemplang, dan prodak lainnya yang berbahan baku ikan. "Usaha mereka terus kami pantau dan perkembangannya cukup bagus, penjualan mereka sudah sampai ke luar kabupaten dan bahkan produk mereka sudah ada yang masuk swalayan," katanya.

Menurut dia usaha para nelayan yang sudah tumbuh dan berkembang tersebut sesuai dengan tujuan dan komitmen pemerintah daerah dalam memberdayakan masyarakat pesisir. "Pemerintah daerah terus mendorong masyarakat pesisir untuk menghasilkan produk berbahan baku ikan, jangan hanya terpaku dari hasil tangkapan ikan saja," katanya.

Produk makanan khas lokal yang dikembangkan para masyarakat pesisir dinilai memiliki prospek ekonomi yang cukup bagus karena permintaan pasar sudah mulai tinggi. "Kami terus memantau dan melakukan pembinaan terutama terkait dengan kemasan dan cita rasa, karena ini penting untuk merebut pangsa pasar," katanya.

 

Sumber (Antara News)