30 Persen Petani Bangka Tengah Gunakan Kompos

on .

Koba - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sajidin mengatakan 30 persen petani di daerah itu sudah menggunakan pupuk kompos. "Sebesar 30 persen dari total jumlah petani lada di daerah ini sudah menggunakan pupuk kompos dan tahun depan kami mendorong semua petani lada sudah menggunakan pupuk kompos," katanya di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah pada 2018 mencanangkan penggunaan pupuk kompos bagi petani lada untuk meningkatkan produksi komoditas ekspor tersebut. "Petani lada sudah mulai merasakan bahwa penggunaan pupuk kompos lebih menguntungkan terutama mampu menyuburkan tanaman dan meningkatkan produksi," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah mendorong petani lada untuk meningkatkan produksi tanaman mereka dengan cara menggunakan pupuk kompos dan memperbaiki pola tanam. "Sudah terbukti bahwa petani yang menggunakan pupuk kompos produksinya lebih banyak dibanding petani yang menggunakan pupuk kimia," katanya.

Namun demikian, kata dia, produksi lada petani baru mencapai rata-rata 0,8 kilo gram per batang atau masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan petani Vietnam yang mencapai empat kilo gram per batang. "Justru itu kami mendorong petani lebih banyak menggunakan pupuk kompos karena lebih menjanjikan untuk meningkatkan produksi buah lada mereka," katanya.

 

Sumber (Antara News)