Pemkab Bantu Petani 11.000 Bibit Lada

on .

Koba - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan sebanyak 11.000 batang bibit lada kepada petani di Desa Lubuk Besar, Kecamatan Lubuk Besar. "Bantuan bibit lada unggul itu untuk mendorong petani dalam meningkatkan produksi lada mereka," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah saat ini sedang mengintensifkan sektor perkebunan lada untuk meningkatkan kesejahteraan dengan mendorong petani mampu memproduksi komoditas unggulan tersebut. "Kendati kondisi harga lada sekarang ini terus merosot namun petani jangan berputusasa dan imbangi kondisi tersebut dengan meningkatkan produksi serta memperbaiki pola tanam," katanya.

Pemilihan bibit unggul, kata dia, juga sangat menentukan untuk meningkatkan produksi lada disamping memperbaiki pola tanam sesuai dengan petunjuk dari para penyuluh di lapangan. "Selama ini para petani kurang memperhatikan pola tanam dan pemilihan bibit yang baik sehingga berpengaruh terhadap produksi tanaman lada mereka," ujarnya.

Justru itu, kata dia, pemerintah daerah terus berupaya menyalurkan bantuan bibit unggul kepada para petani lada yang tersebar pada enam kecamatan di daerah ini guna meningkatkan produksi. "Disamping itu juga kami menerjunkan sejumlah penyuluh pertanian yang siap mendampingi petani, membimbing dan membina petani untuk memperbaiki pola tanam lada," katanya.

 

Sumber (Antara News)