Bangka Tengah Canangkan Desa Layak Anak

on .

Koba - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencanangkan desa layak anak di Sungaiselan, sebagai bentuk komitmen pemerintah setempat dalam melindungi serta mengayomi anak sebagai generasi emas. "Ini juga bentuk komitmen yang kuat pemerintah daerah dalam mewujudkan Kabupaten Bangka Tengah sebagai kabupaten layak anak yang sudah dicanangkan pada 19 April 2013," kata Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh usai menghadiri acara pencanangan desa layak anak di Kecamatan Sungaiselan, Jumat.

Ia menjelaskan dengan ditetapkannya Bangka Tengah sebagai kabupaten layak anak maka pemerintah daerah memiliki tekad yang kuat untuk menjadikan semua desa menjadi desa layak anak. "Hari ini kami mendeklarasikan desa layak anak di Desa Sungaiselan Atas, mereka layak menyandang itu karena sudah mampu melindungi anak dari tindak kekerasan dan asusila," katanya.

Ia mengatakan untuk menjadikan Bangka Tengah sebagai kabupaten layak anak antara lain dalam upaya mewujudkan seluruh desa di daerah itu sebagai desa layak anak. "Lingkungan yang paling dekat dengan anak adalah desa dan kelurahan, maka konsentrasi kami adalah menjalankan program kabupaten layak anak hingga ke daerah pedesaan," katanya.

Ia juga mengatakan dalam kurun waktu 2013 hingga 2017 daerah itu tergolong berhasil menjalankan program kabupaten layak anak yang dibuktikan dengan sejumlah penghargaan dari kementerian terkait. "Kabupaten layak anak itu di mana daerah itu menjadi tempat yang aman, nyaman, dan damai bagi anak tanpa ada tindak kekerasan dan asusila terhadap mereka," katanya.

 

Sumber (Antara News)