Pemkab Bangka Tengah Bangun Rumah Bibit Cabai

on .

Koba - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membangun rumah bibit cabai yang bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) dalam rangka menekan angka inflasi di daerah itu. "Kita akan bangun satu unit rumah bibit cabai bantuan dari BI untuk kelompok tani cabai Citra Trubus di Kecamatan Lubuk Besar," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluh, Sajidin di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan rumah bibit cabai ini dibangun sepenuhnya bantuan BI dalam rangka merealisasikan program penekanan angka inflasi dan menyediakan bibit unggul untuk meningkatkan produksi cabai merah kelompok tani tersebut. "Komoditas cabai merah selama ini dianggap menyumbang inflasi cukup tinggi, maka petani didorong untuk bertanam cabai dan meningkatkan produksi, salah satunya kelompok tani Citra Trubus yang sudah membudidayakan tanaman cabai di atas lahan seluas dua hektare," jelasnya.

Citra Trubus merupakan kelompok tani binaan pemerintah daerah yang dinilai sudah berhasil mengembangkan tanaman cabai merah di atas lahan seluas dua hektare dan baru-baru ini sudah berhasil panen sekitar enam ton. "Kelompok tani Citra Trubus ini termasuk kelompok tani madya yang sudah maju dan mandiri, serta sudah berpengalaman dalam membudidayakan tananam cabai merah," kata Sajidin.

Pihaknya mendapat dukungan penuh dari BI dalam mengembangkan tananam cabai kelompok tani Citra Trubus tersebut, bahkan pihak BI hadir dalam panen besar beberapa waktu lalu serta menyanggupi membangun rumah bibit cabai merah. "Tentu rumah bibit ini sangat membantu petani yang tergabung dalam kelompok tani Citra Trubus tersebut karena mampu menghasilkan bibit unggul dan meningkatkan produksi," katanya.

 

Sumber (Antara News)