Bupati Bangka Tengah Klaim Angka Pengangguran Turun

on .

Koba - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh mengklaim angka pengangguran di daerah itu sudah jauh menurun dibanding tahun sebelumnya seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang terus menunjukkan grafik positif.

"Menurunnya angka pengangguran menunjukkan bahwa ada beberapa sektor yang merupakan potensi lapangan pekerjaan terus berkembang dan menyerap banyak tenaga kerja," kata bupati Ibnu di Koba, Rabu. "Sekarang tugas kami adalah membuka lapangan pekerjaan dan upaya yang dilakukan di antaranya menggeliatkan dunia investasi serta mengembangkan sektor UMKM," ujarnya.

Ia mengatakan, sektor UMKM terutama usaha ekonomi kreatif memiliki potensi yang cukup besar untuk menyerap banyak tenaga kerja di daerah itu selain sektor lainnya. "Sektor ekonomi kreatif bagian dari pondasi ekonomi kerakyatan yang sangat kokoh untuk menyejahterakan masyarakat di daerah ini, disamping sektor perkebunan dan perikanan," katanya.

Ia juga mengatakan, sektor perkebunan menyerap cukup banyak tenaga kerja terutama perkebunan lada yang mencapai sekitar 3.000 orang ditambah sektor perikanan tangkap dan perikanan budi daya. "Beberapa sektor potensial ini terus kami dorong karena mampu menyerap banyak tenaga kerja yang muaranya nanti adalah peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

 

Sumber (Antara News)