Home Berita Terkini Balai POM Pangkalpinang Gelar Bimtek Kader Keamanan Pangan Desa di Kabupaten Bangka Tengah

Balai POM Pangkalpinang Gelar Bimtek Kader Keamanan Pangan Desa di Kabupaten Bangka Tengah

104
0
SHARE
Balai POM Pangkalpinang Gelar Bimtek Kader Keamanan Pangan Desa di Kabupaten Bangka Tengah

Pangkalan Baru - Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Pangkalpinang bersama Loka POM menyelenggarakan acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Kader Keamanan Pangan Desa di wilayah Kabupaten Bangka Tengah selama dua hari mulai tanggal 22 hingga 23 Juli 2020. Bertempat di Hotel Soll Marina acara pembukaan Bimtek ini dilaksanakan pada Rabu (22/07/2020).

Acara dibuka oleh Kepala Balai POM di Pangkapinang, Hermanto, S.Si., Apt., MPPM yang sekaligus menyampaikan materi terkait Kebijakan GKPD, Keamanan Pangan dan Peraturan Perundang-undangan.

Tujuan diselenggarakan acara ini adalah untuk meningkatkan kemandirian dan peran serta masyarakat desa di bidang keamanan pangan, mendorong kemandirian masyarakat desa melakukan pengawasan keamanan pangan,  menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai pada tingkat perseorangan serta memperkuat ekonomi desa melalui program Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD).

"Oleh karena itu,  sangat penting bagi pemerintah daerah untuk berkoordinasi dan bersama-sama memperkuat komitmen serta dukungan Pemda, Desa dan Lintas Sektor terkait sehingga implementasi program Gerakan Keamanan Pangan Desa di daerah dapat berkesinambungan,” papar Hermanto dalam sambutannya.

Program Gerakan Keamanan Pangan Desa di Provinsi Bangka Belitung telah dilakukan sejak tahun 2014 dan sebanyak 21 desa/kelurahan yang sudah diintervensi.  Pada tahun 2020 ini GKPD dilaksanakan Kabupaten Bangka Tengah.  Adapun desa yang terpilih antara lain Desa Kurau Barat,  Desa Belilik dan Kelurahan Dul.

“Kami sangat berharap kegiatan bimtek ini diikuti dengan sungguh-sungguh. Ilmu dan pengetahuan yang didapatkan bisa diterapkan untuk mewujudkan Desa Kurau Barat,  Desa Belilik dan Kelurahan Dul sebagai Desa Pangan Aman.

Senada dengan Kepala Balai POM Pangkalpinang, Staf Ahli Bidang SDM dan Kemasyarakatan, Drs. Pittor, MM., dalam sambutannya memaparkan bahwa bimbingan teknis ini merupakan kesempatan langka yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

 “Ibu-ibu harus memanfaatkannya, jadi harus benar-benar diikuti dengan serius sampai selesai dan sebarkan ilmunya ke lingkungan masing-masing,” pesan Pittor kepada peserta Bimtek.

Pembukaan bimtek dihadiri oleh juga Dinas Kesehatan sekaligus menjadi narasumber,  Sanitarian Puskesmas Koba,  Puskesmas Namang,  Puskesmas Pangkalan Baru dan Tim Keamanan Pangan Desa dari Desa Kurau Barat,  Desa Belilik dan Kelurahan Dul,  beserta Kader Keamanan Pangan Desa dari Desa Kurau Barat,  Desa Belilik dan Kelurahan Dul.* (QRY/WEE/Foto: MRT)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah