Home Berita Terkini Bangka Tengah Raih Predikat Kabupaten Sehat, Penghargaan Swasti Saba Padapa 2019

Bangka Tengah Raih Predikat Kabupaten Sehat, Penghargaan Swasti Saba Padapa 2019

48
1
SHARE
Bangka Tengah Raih Predikat Kabupaten Sehat, Penghargaan Swasti Saba Padapa 2019

Jakarta – Muhammad Tito Karnavian selaku Menteri Dalam Negeri bersama dengan Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (Menteri Kesehatan) menyerahkan secara langsung plakat dan sertifikat penghargaan Kabupaten Sehat, Swasti Saba Padapa, kepada Bupati Bangka Tengah Dr.Ir.H.Ibnu Saleh, MM., di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Selasa (19/11/2019).

Hadir mendampingi Bupati Bangka Tengah dalam acara penganugerahan tersebut, Ricky Amanda, ST selaku Ketua Forum Selawang Segantang Sehat (FSSS) Bangka Tengah, drg. M. Anas Ma’ruf selaku Kepala Bapelitbangda sekaligus Ketua Tim Pembina Kabupaten Sehat, dr. H. Bahrun Siregar Sutrisno, M.Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan, serta perwakilan beberapa OPD terkait. Dalam penganugerahan langsung dari Mendagri tersebut, Kabupaten Bangka Tengah termasuk dalam 8 kabupaten/kota yang diperkenankan naik podium.

Ibnu Saleh saat dikonfimasi terkait penghargaan ini menyampaikan rasa bangga dan harapannya agar penghargaan tingkat nasional ini dapat meningkatkan pencapaian Kabupaten Bangka Tengah dalam bidang kesehatan.

“Ini merupakan keberhasilan kita bersama, seluruh elemen masyarakat dan para stake-holder. Harapan kita semua, dengan diraihnya penghargaan Swasti Saba Padapa ini Bangka Tengah menjadi kabupaten yang lebih unggul dan lebih sehat,” ujarnya.

Senada dengan hal itu, Ricky Amanda menyampaikan bahwa penghargaan ini adalah milik seluruh masyarakat Bangka Tengah yang sudah berpartisipasi dalam pembangunan khususnya bidang kesehatan.

“Penghargaan ini secara tidak langsung adalah bentuk pengakuan dari pusat bahwa pemimpin Bangka Tengah berkomitmen kuat bersama masyarakatnya, ingin menciptakan iklim yang sehat dalam hal apapun untuk kabupaten tercinta ini,” kata Ketua FSSS tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah juga mengungkapkan apresiasinya bahwa penghargaan ini merupakan muara dari semua program kesehatan yang pro rakyat yang juga merupakan wujud keberhasilan visi misi pemimpin daerah.

“Salah satu keberhasilan visi misi Bupati adalah meningkatnya derajat kesehatan masyarakat menuju SDM yang lebih unggul dan terwujudnya Indonesia Sehat,” ucapnya.

Tim verifikasi Kabupaten Sehat telah melakukan kunjungan ke Bangka Tengah untuk penilaian dan verifikasi terhadap seluruh aspek pada Agustus 2019 lalu. Setelah melalui tahapan verifikasi lanjutan oleh Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri, diperoleh hasil bahwa Kabupaten Bangka Tengah berhasil mendapatkan penghargaan Program Penyelenggaraan Kabupaten Sehat atau Swasti Saba Padapa. Harapannya, di tahun 2021 Bangka Tengah bisa meraih kategori Swasti Saba Wiwerda, dengan mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.*(APJ/WEE/Foto:Dinkes Bateng).

Sumber: Diskominfosta dan Humas Bangka Tengah