Home Berita Terkini Bangka Tengah Tuan Rumah HARGANAS XXVI Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Bangka Tengah Tuan Rumah HARGANAS XXVI Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

72
0
SHARE
Bangka Tengah Tuan Rumah HARGANAS XXVI Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Koba – Bundaran Tugu Ikan, Koba Bangka Tengah, diramaikan dengan pagelaran puncak Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXVI Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (1/8/2019). Agenda tahunan BKKBN ini mengusung tema utama Hari Keluarga Hari Kita Semua, dengan tagline, Cinta Keluarga Cinta Terencana.

Pemerintah Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) beserta Tim Penggerak PKK Kabupaten Bateng berperan memfasilitasi acara yang diselenggarakan atas kerjasama Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, serta Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini.

Senada dengan tema di atas, Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM selaku tuan rumah, dalam sambutannya menyampaikan bahwa keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang berperan sangat penting dalam menanamkan nilai moral serta membentuk karakter bangsa. Menurutnya, pondasi perubahan bangsa berawal dari sebuah keluarga sehingga harus ada pembinaan salah satunya melalui peran PKK.

“Pondasi yang kuat harus dimiliki dan berawal dari keluarga yang berkualitas dan tangguh sehingga tercipta ketahanan nasional dan mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya.

Selanjutnya Bupati Bateng menyatakan bahwa kegiatan HARGANAS ini bukan semata mencari predikat juara, namun lebih menekankan peningkatan semangat kader untuk saling bersilaturahmi, terus  belajar dan meningkatkan kemajuan diri sendiri maupun kelompoknya. Ibnu berharap kader KB bisa menjadi ujung tombak Pemkab Bateng dalam menjalankan program membangun keluarga berdasarkan konsep kesehatan, pendidikan, rasa aman, dan kasih sayang.

“Kita harus bangga menjadi kader karena ini adalah tugas yang sangat mulia,” tegasnya.

Sesaat sebelumnya, Hj. Melati Erzaldi selaku Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara melaporkan bahwa HARGANAS merupakan agenda rutin yang terselenggara atas kerjasama banyak pihak dan perlu diapresiasi. Menurutnya acara tahunan ini  memiliki peran dalam mewujudkan tujuan besar dalam pembinaan keluarga.

 “Acara ini bertujuan meningkatkan komitmen-komitmen daerah untuk mengembangkan pembangunan keluarga serta meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dalam membangun keluarga yang terencana, bahagia, dan sejahtera,” ucap Melati.

Di akhir rangkaian sambutan, acara puncak HARGANAS XXVI tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, H. Abdul Fatah, M.Si. Dalam sambutannya Abdul Fatah menyampaikan bahwa HARGANAS membawa program strategis, yaitu menyangkut program kependudukan, keluarga berencana, dan juga pembangunan keluarga. Hal ini sangat penting untuk dilanjutkan dan dikelola mengingat Indonesia sedang menikmati masa bonus demografi dimana jumlah usia produktif jauh lebih besar daripada usia non-produktif. 

Turut hadir dalam acara tersebut Inspektur Utama BKKBN, Drs. Agus Sukiswo, AK.MM.CA.CFrA.QIA., Kepala Daerah Kabupaten dan Kota se-Bangka Belitung, Kepala OPD se-Bangka Tengah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, termasuk jajaran Polres, Koramil dan Kejari, serta para tokoh masyarakat dan para tokoh agama setempat. 

Rangkaian acara dimeriahkan dengan pertunjukkan Tari Madu Kelulut yang dibawakan oleh siswa-siswi SMAN 1 Lubuk Besar, Paduan Suara Selawang Segantang dari Pemkab Bateng, pembacaan puisi dan Deklarasi GenRe (Generasi Berencana) Bangka Belitung, bahkan pertunjukan istimewa Tari Bedekar dari siswi tunarungu SMP Luar Biasa Koba, Bateng.

Selain acara inti, di lokasi acara digelar pula bazar Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) binaan BKKBN dari seluruh Kabupaten dan Kota di Bangka Belitung. Masyarakat yang hadir dimudahkan pula dengan terdapatnya stand pelayanan terpadu dari Dinas Perikanan, Polres, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Layanan Pencatatan Sipil, serta BPJS Kesehatan. *(APJ/WEE/Pic:FEK&MRT)

 

 

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah