Home Berita Terkini BPB Bateng Latih Relawan Desa/Kelurahan di Kabupaten Bangka Tengah

BPB Bateng Latih Relawan Desa/Kelurahan di Kabupaten Bangka Tengah

111
0
SHARE
BPB Bateng Latih Relawan Desa/Kelurahan di Kabupaten Bangka Tengah

Koba – Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik (BPB-Kesbangpol) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menggelar pelatihan dasar relawan penanggulangan bencana di Balai Benih Ikan Kabupaten Bateng, Kamis (26/09/2019). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pembentukan tim juga memfasilitasi relawan penanggulangan bencana Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2019. Sebanyak 25 peserta yang berasal dari 25 Desa/Kelurahan di Bateng mengikuti pelatihan mewakili 1 desa 1 orang perwakilan.

Jauhari, SH, M.Tr.I.P selaku Kepala BPB-Kesbangpol, mengharapkan relawan-relawan yang sudah dilatih ini bisa bermanfaat dan membantu kita dalam pelaksanaan penanggulangan bencana. Paling  tidak mereka dapat melaporkan kepada BPB juga memberikan pengetahuan kepada masyarakat jika terjadi bencana di daerahnya masing-masing.

“Materi yang disampaikan oleh pelatih sebaiknya bisa diterima dan dipraktekkan dengan baik oleh relawan,” tegas Jauhari.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini yakni tentang kebencanaan, peran dan fungsi relawan penanggulangan bencana, sistem informasi dan pelaporan relawan serta vertical resque yang disampaikan oleh Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, Mohammad Yudhi Sabara, ST dan Kepala Sub Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi, Sri Murtopo, S.I.Kom.

Pelatihan ini pertama kalinya dilaksanakan dan akan dijadikan agenda rutin setiap tahunnya. Para relawan yang ikut dipelatihan ini, akan masuk database relawan penanggulangan bencana di Bateng secara berkelanjutan. Untuk Desa/Kelurahan yang relawannya belum diundang, akan diikutsertakan pada pelatihan tahun 2020 yang akan datang.

“Total ada 63 relawan dari Desa/Kelurahan di Bateng ini, namun baru 25 relawan yang bisa kami undang untuk mengikuti pelatihan ini. Insya Allah tahun depan akan kami ikutsertakan semuanya,” ujar Jauhari.

Pelatihan ini terlaksana melalui APBD Perubahan Kabupaten Bateng.  Para peserta disediakan kaos, rompi dan topi. Latihan vertical resque yang secara lengkap dilaksanakan di stadion yakni pengenalan simpul dasar, pengenalan alat vertical resque dan teknik vertical resque yakni rappling.* (WEE/APJ/Foto: BPB-Kesbangpol)

 

Sumber : Diskominfosta Bateng