Home Berita Terkini BPS Bateng Jalin Koordinasi dengan Diskominfosta Terkait Sensus Penduduk Tahun 2020

BPS Bateng Jalin Koordinasi dengan Diskominfosta Terkait Sensus Penduduk Tahun 2020

61
0
SHARE
BPS Bateng Jalin Koordinasi dengan Diskominfosta Terkait Sensus Penduduk Tahun 2020

Koba -  Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) mengunjungi kantor Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfosta) Bateng untuk berkoordinasi mengenai Sensus Penduduk Tahun 2020, Selasa (08/10/2019).

Kepala BPS Bateng Ir. Rizanal Mahmudin beserta jajarannya melakukan koordinasi dan menjalin hubungan dengan Diskominfosta Bateng guna menyukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020 pada Februari hingga Maret mendatang. Sensus ini digelar setiap 10 tahun sekali dan untuk kali pertama akan menggunakan metode daring (online), yakni memanfaatkan data registrasi penduduk yang disebut Combined Method (Metode Kombinasi).

Melalui Metode Kombinasi ini, data administrasi yang tersedia pada Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcakpil Kemendagri) akan dikombinasikan dengan pencacahan lapangan. Hal ini dilakukan melalui pendataan mandiri (Sensus Penduduk Online) sekaligus door-to-door, dengan demikian perubahan mendasar dalam sensus penduduk 2020 adalah multiple data collection. BPS juga akan melakukan pendataan dengan melibatkan masyarakat untuk memberikan informasinya secara aktif.

“Survei ini bagian dari pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Untuk itu kami ingin bekerja sama dengan Diskominfosta dalam penyelenggaraan aplikasi, pembuatan konten medsos, konten website, berupa himbauan atau sosialisasi ke Desa/Kelurahan agar informasi mengenai sensus ini sampai kepada masyarakat,” jelas Rizanal.

Zaidi , S.IP selaku Kepala Diskominfosta menyambut baik kedatangan BPS Bateng dan akan mendukung kegiatan ini dengan membentuk tim kecil bersama Dinsos-PMD dalam hal publikasi dan sosialisasi dalam  menyukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020 mendatang.

“Saya berharap komunikasi yang baik dapat terjalin antara beberapa pihak yang akan terlibat sehingga kegiatan sensus ini terlaksana dengan baik dan sukses,” ujar Zaidi.* (WEE/APJ/Foto: JPT)

 

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah