Home Berita Terkini BPS dan Diskominfosta Bateng Gelar FGD Kabupaten Bangka Tengah dalam Angka 2019

BPS dan Diskominfosta Bateng Gelar FGD Kabupaten Bangka Tengah dalam Angka 2019

120
0
SHARE
BPS dan Diskominfosta Bateng Gelar FGD Kabupaten Bangka Tengah dalam Angka 2019

Koba - Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Publikasi Kabupaten Bangka Tengah dalam Angka 2019" digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka Tengah yang difasilitasi oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bangka Tengah bertempat di Ruang Rapat VVIP Kantor Bupati, Selasa (06/08/2019) pagi.

FGD yang dilaksanakan hari ini merupakan bagian dari usaha perwujudan Satu Data Indonesia khususnya di tingkat Kabupaten Bangka Tengah. Berdasarkan Perpres Nomor 39 Tahun 2019, Satu Data Indonesia (SDI) adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data yang  menggunakan kode referensi dan data induk.

Dalam kesempatan itu, Asisten III Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ahmad Syarifullah Nizam, SE, M.A.P. dalam sambutannya menyampaikan bahwa sepatutnya SDI sudah mampu diterjemahkan dan dapat dipresentasikan oleh seluruh instansi daerah, provinsi, kabupaten dan kota yang ada di Indonesia.

“Kepada yang hadir dalam FGD ini, untuk dapat berkontribusi nyata dalam rangka menghasilkan data untuk perencanaan pembangunan khususnya di Bangka Tengah. Dengan demikian kita mengharapkan data akan lebih berkualitas, lebih akurat dan dengan menggunakan sistem berbasis elektronik yang ada ini supaya mampu untuk dibagipakaikan dari sumber data kepada si pengguna data,” ungkap Syarifullah.

Lebih lanjut Syarifullah menambahkan, ini semua merupakan tanggung jawab bersama dan mengajak semua pihak untuk mulai melakukan perubahan mendasar dan bertransformasi dengan metode dan sarana yang lebih baik sehingga dapat  menghasilkan data Bangka Tengah berkualitas.

Sementara itu, narasumber Aja Nasrun, S.ST, M.Sc yang menjabat Kepala Bidang IPDS (Integrasi Pengolahan Diseminasi Statistik) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, beberapa kondisi data sering menjumpai kesulitan-kesulitan di lapangan. Kesulitan itu mulai dari banyaknya data sektoral yang dipegang oleh individu sehingga diperlukan hubungan personal untuk mengaksesnya, hingga adanya masalah format data yang dibagipakaikan tidak terbuka dan sulit diolah.

Masalah lainnya, perbedaan data statistik antar instansi memiliki perbedaan konsep dan definisi tanpa adanya metadata serta tidak adanya kode referensi dimana BPS dan Kemendagri menggunakan kode wilayah yang berbeda. Terakhir, terdapat masalah perbedaan data geospasial antar instansi, yakni masih terdapat perbedaan luas wilayah untuk wilayah yang sama yang dihitung melalui spasial antar instansi.

Nasrun menuturkan, BPS selaku pembina data statistik memiliki tugas menetapkan standar data serta menetapkan struktur dan format baku dari metadata yang berlaku lintas instansi pusat dan atau daerah. Selanjutnya BPS bisa memberikan rekomendasi dalam proses perencanaan pengumpulan data oleh K/L/D/I (Kementerian/Lembaga/Dinas/Instansi) dan  melakukan pemeriksaan ulang terhadap data prioritas serta melakukan pembinaan penyelenggaraan SDI sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Pemateri dalam FGD ini juga diisi diantaranya oleh Ahmad Syarifullah Nizam, SE, M.A.P. dan Yogi Oltas dari BPS Kabupaten Bangka Tengah sendiri. Diakhir kegiatan juga ada pembagian bingkisan menarik bagi mereka yang aktif bertanya dan juga menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pihak penyelenggara.

Selain dihadiri oleh Asisten III Bidang Ekonomi dan Pembangunan dan Kepala Bidang IPDS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kegiatan ini juga dihadiri Kepala BPS Kabupaten Bangka Tengah beserta jajaran serta perwakilan instansi dan lembaga daerah. *(RIN/APJ/Foto:IAN)

Rapat Focus Group Discussion (FGD) di Ruang Rapat VVIP Kantor Bupati Bangka Tengah

 

Sumber : Diskominfosta Bateng