Home Berita Terkini Bupati Bangka Tengah Panen Bawang Merah di Desa Kulur

Bupati Bangka Tengah Panen Bawang Merah di Desa Kulur

225
0
SHARE
Bupati Bangka Tengah Panen Bawang Merah di Desa Kulur

Lubuk Besar – Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. Ibnu Saleh, MM., didampingi Kepala Dinas Pertanian, Sajidin, S.E, M.Si., Kades Kulur, Ahmad Yani, Sekretaris Camat Lubuk Besar, Sahabudin, ST., Ketua Kelompok Tani (Poktan) Bina Harapan, Hendra, serta para Penyuluh Pertanian, menggelar Panen Bawang Bersama di Desa Kulur, Lubuk Besar, Senin (16/03/2020).

Panen yang merupakan panen bawang pertama di Kulur untuk periode 2020 ini memiliki hasil rata-rata 10 ton per hektar. Poktan yang diketuai Hendra memiliki anggota sejumlah 10 orang dengan pengurus 3 orang ini mengelola ¼ hektar dan berhasil memanen 2 ton lebih bawang.

Ibnu Saleh menghimbau masyarakat, khususnya Poktan Bina Harapan untuk bisa meningkatkan hasil pertanian dengan terus berkoordinasi bersama penyuluh mengenai tahapan produksi. Harapannya  hasil panen mendatang bisa mencapai hasil yang lebih optimal.

“Selain koordinasi, penggunaan bahan bibit, anti jamur, pupuk, yang perlu diperhatikan, juga perlu adanya pengembangan kegiatan untuk meningkatkan pendapatan, misal mencoba beternak ikan. Silakan berkonsultasi dengan dinas terkait,” ujar Ibnu.

Tak lupa Bupati Bangka Tengah menyosialisasikan penggunaan MA-11 sebagai alternatif pupuk yang hemat biaya dan juga membagikan bibit tanaman malada untuk mendukung produktifitas lada.

“MA-11 tolong dicoba, itu sangat menekan biaya produksi. Penyuluh harus selalu membina masyarakat untuk pengembangan produktifitas pertanian,ungkapnya. 

Sementara itu Linawati sebagai Penyuluh Desa Kulur mengatakan bahwa faktor cuaca sangat mempengaruhi hasil panen.

“Kebetulan sebelum panen, hujan selama seminggu, setiap hari berturut-turut. Hal ini mempengaruhi hasil panen. Ke depan diusahakan penguatan tanaman dengan tata kelola pupuk dan anti hama dengan lebig baik,” kata Lina.

Turut hadir di acara tersebut para tokoh masyarakat, petani serta perwakilan kelompok tani dari desa dan kelurahan lain, serta penyuluh-penyuluh pertanian se-Kecamatan Lubuk Besar.* (APJ/WEE/Foto:RDT/RIN)

  

  

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah