Home Berita Instansi dan Kementerian Bupati Bateng Hadiri Pelatihan Pengembangan Kelembagaan Usaha Kelompok Usaha Pangan dari DAK Non Fisik

Bupati Bateng Hadiri Pelatihan Pengembangan Kelembagaan Usaha Kelompok Usaha Pangan dari DAK Non Fisik

432
0
SHARE
Bupati Bateng Hadiri Pelatihan Pengembangan Kelembagaan Usaha Kelompok Usaha Pangan dari DAK Non Fisik

 

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop-UKM)  Kabupaten Bangka Tengah hari ini (Selasa, 11/02/2020) melaksanakan pelatihan Pengembangan Kelembagaan Usaha bagi Kelompok Usaha Pangan di Hotel Grandvella, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, meningkatkan daya saing dan jumlah usaha untuk para pelaku usaha di Bangka Tengah.

Kegiatan yang bersumber dari dari Dana Alokasi Khusus Non Fisik Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah ini dibuka langsung oleh Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM., dengan didampingi Kepala Dinas Disperindagkop-UKM, Drs. H. Kaharudin, M.Si., beserta Kepala Bidang Koperasi dan UKM, Azwar. Turut dihadirkan narasumber dari pelaku usaha terkenal Bangka Belitung yakni Breco (pemilik Warjo), Muhamad Azmi (Pemilik Ayam Jimbronk) dan Rodi Afriniko (pemilik Sate Padang Sutan Mudo) yang semuanya merupakan penggiat Gerakan Nusantara Berdaya (GNB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ibnu Saleh dalam sambutannya mengatakan agar para pelaku usaha dapat mengembangkan usahanya secara bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui OPD terkait dan mengharapkan agar di tahun 2021 usaha yang ada di Kabupaten Bangka Tengah sudah bisa memasarkan produk-produknya lebih meluas.

“Jadi, Bapak/Ibu, sudah banyak yang kita lakukan untuk meningkatkan kemajuan UMKM dan usaha, maka saya harap nanti promosi bisa diperluas. Harus semangat. Semangat untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas usaha kita,” pesan Ibnu.

Pelatihan ini diikuti oleh 27 pelaku usaha perwakilan dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Tengah, diantaranya pelaku usaha keripik bijur (ubi), keripik katis (pepaya), madu manis, madu kelulut, aneka makanan ringan, aneka kue keripik cumi (kericu), rusep dan sebagainya. Pelatihan ini rencananya dilaksanakan selama 3 hari, yakni mulai tanggal 11 hingga 13 Februari 2019.

Disperindag-Kop Bangka Tengah sudah kali kedua mendapatkan Dana Alokasi Khusus dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI kategori Non Fisik. Sebelumnya tahun 2019 dengan sumber dana yang sama telah digelar kegiatan Achievement Motivation Training (AMT) bagi UMKM dan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi di bulan Februari dan Maret tahun 2019 dengan peserta 120 orang penggiat UMKM/Koperasi se-Bangka Tengah.*(MRT/APJ/Foto:MRT/WKN)

 

Sumber : Diskominfosta  Kab. Bateng