Home Berita Terkini Bupati Buka Bimbingan Terakhir Manasik Haji Tahun 2019 di Bangka Tengah

Bupati Buka Bimbingan Terakhir Manasik Haji Tahun 2019 di Bangka Tengah

111
0
SHARE
Bupati Buka Bimbingan Terakhir Manasik Haji Tahun 2019 di Bangka Tengah

KOBA - Rangkaian terakhir bimbingan manasik haji di Kabupaten Bangka Tengah tahun 2019 dilaksanakan di Masjid Ar-Raihan Koba oleh Kanwil Kementerian Agama Kabupaten Bangka Tengah, Senin (08/04/2019) pagi. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Bangka Tengah, juga dihadiri oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Kanwil Kementerian Agama Kabupaten Bangka Tengah, Kabag Kesra Setda Bangka Tengah dan para calon jamaah haji  tahun 2019.

Manasik haji merupakan peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Dalam kegiatan manasik haji, calon jamaah haji dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakan nanti di tanah suci semisalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji.

"Insya Allah bulan Juli keberangkatan bagi calon jamaah haji, berarti kurang lebih 3 bulan lagi Bapak/Ibu menunaikan ibadah haji. Untuk itu, carilah buku-buku yang berkaitan dengan manasik sebagai pegangan sementara guna membantu dalam prosesnya nanti di tanah suci. Sebelum menjalankan ibadah haji sebaiknya kita sudah memiliki ilmu", kata Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM dalam sambutannya.

Lebih lanjut Ia mengungkapkan bahwa Kanwil Kementerian Agama Kabupaten Bangka Tengah telah melakukan serangkaian kegiatan sebelumnya di tempat berbeda guna memberi pembekalan kepada calon jamaah haji dalam pelaksanaannya nanti di tanah suci sehingga lebih khusyuk.

Bupati juga meminta untuk mendoakan kemajuan Bangka Tengah kepada calon jamaah haji yang melakukan bimbingan manasik.

"Doa Bapak/Ibu dengan jumlah yang banyak ini insya Allah didengarkan. Tolong doakan untuk Bangka Tengah agar tentram,  aman,  damai dan sejahtera,”  ucapnya.

Ia pun berharap calon jamaah untuk tetap menjaga kesehatan dan tetap melakukan aktivitas seperti biasa semisalnya tetap  bertani, melaut dan aktivitas lain.

Sementara itu Kepala Kanwil Kementerian Agama Bangka Tengah, H. Muhammadiah, S.Ag mengatakan, ini merupakan manasik haji terakhir. Sebelumnya telah dilakukan di tingkat kecamatan, kemudian manasik haji tingkat kabupaten ini yang terakhir kita laksanakan. Jumlah calon jamaah haji Bangka Tengah tahun 2019 sebanyak 175 orang yang terdiri dari beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Tengah. Harapan kita tahun ini semua calon jamaah haji bisa diberangkatkan ke tanah suci dan tidak menemui kendala yang berarti. Semoga ibadahnya lancar dan menjadi haji mabrur nantinya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai manasik haji dari Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan diikuti dengan sangat antusias oleh calon jamaah haji tahun 2019.* (KR/KD/foto:RD)

 

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah