Home Berita Terkini Bupati Hadiri Penyerahan Bantuan Pupuk NPK Majemuk dan Kapur Pertanian di Lubuk Besar

Bupati Hadiri Penyerahan Bantuan Pupuk NPK Majemuk dan Kapur Pertanian di Lubuk Besar

205
0
SHARE
Bupati Hadiri Penyerahan Bantuan Pupuk NPK Majemuk dan Kapur Pertanian di Lubuk Besar

Lubuk Besar - Sebanyak 200 petani lada hadir di Kantor Desa Lubuk Besar untuk menerima penyerahan bantuan pupuk NPK Majemuk dan kapur pertanian yang disalurkan oleh pemerintah desa setempat, Rabu (7/8/2019) siang. Penyerahan secara simbolis diberikan oleh Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM kepada perwakilan petani lada penerima bantuan.

Bupati Bangka Tengah dalam sambutannya mengatakan, tahun ini Desa Lubuk Besar memiliki serapan anggaran terbesar dari dana APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) dibandingkan desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng).

“Kami sangat mengapresiasi kinerja baik yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Lubuk Besar dalam hal pemberdayaan masyarakat. Semoga dengan adanya bantuan ini dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat terutama petani lada di desa ini. Kami selaku pemerintah daerah juga senantiasa mendukung dan berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat salah satunya di bidang pertanian sehingga tercipta Bangka Tengah yang Unggul,“ ujar Ibnu.

Sementara itu, Kepala Desa Lubuk Besar, Mardiyanto, menuturkan bahwa penyerahan bantuan ini merupakan program dari APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) mengenai pemberdayaan masyarakat khususnya di bidang pertanian. Hal ini sejalan dengan motto pemerintah daerah dalam tujuan menciptakan “Bangka Tengah Unggul”.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk mendukung pencapaian itu pemerintah daerah menganggarkan sebesar 30% dari dana desa untuk pemberdayaan masyarakat. Penganggaran tersebut diperuntukkan bagi petani, nelayan dan lainnya. Hal ini menjadi salah satu bentuk perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat dan diharapkan mampu meningkatkan kualitas sekaligus produksi pertanian yang lebih baik bagi petani lada di daerah itu.

“Alhamdulillah, hari ini pemerintah desa menyalurkan bantuan kepada petani lada masing-masing sebanyak dua karung pupuk NPK 15-15-15 dan dua karung kapur pertanian sehingga jumlah keseluruhannya sebanyak 40 ton. Kedepannya bantuan semacam ini akan lebih ditingkatkan lagi,” ucap Mardiyanto.

Disela-sela kegiatan, Bupati membagikan bingkisan kepada petani lada yang bisa menjawab pertanyaan yang diajukan olehnya dan disambut antusias petani lada penerima bantuan yang hadir.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Perwakilan Dinas Pertanian Bateng, Perwakilan Dinas Pangan Bateng, Camat Lubuk Besar, Kades Lubuk Besar beserta perangkat desa, Kepala Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Lubuk Besar, penyuluh pertanian dan para petani lada penerima bantuan. *(RIN/APJ/Foto:RDT)

 

Sumber : Diskominfosta Bateng