Home Berita Terkini Bupati Kukuhkan Paskibraka Bangka Tengah Tahun 2019

Bupati Kukuhkan Paskibraka Bangka Tengah Tahun 2019

100
0
SHARE
Bupati Kukuhkan Paskibraka Bangka Tengah Tahun 2019

Koba - Sebanyak 35 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) perwakilan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2019 dikukuhkan di Gedung Serba Guna, Kompleks Pemerintah Daerah Bangka Tengah, Kamis (15/08/2019) sore.

Pengukuhan yang dilakukan langsung oleh Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM. ini  turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, para Asisten Setda, para Staf Ahli Setda, para Kepala OPD Bangka Tengah, Kapolres Bangka Tengah, Kajari Bangka Tengah, Dandim 0413, pelatih Paskibraka, serta orang tua maupun wali dari anggota Paskibraka.

Ketiga puluh lima anggota Paskibraka yang dikukuhkan ini siap untuk mengemban tugas dalam  penaikan maupun penurunan bendera pada peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus nanti.

"Tidak mudah bagi anggota Paskibraka terpilih ini karena mereka telah melalui serangkaian seleksi ketat yang dipersiapkan oleh panitia,” ujar Bupati dalam arahannya sebelum pengukuhan.

Lebih lanjut Bupati menambahkan, hal ini merupakan langkah awal serta modal yang cukup baik untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan bagi anggota dalam menghadapi tantangan serta persaingan masa depan yang lebih kompleks.

"Jaga kesehatan, perhatikan pula asupan makanan yang dikonsumsi baik itu pelatih maupun anggota Paskibraka agar senantiasa sehat juga bugar saat menjalankan tugas penaikan dan penurunan nanti berlangsung,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati mengucapkan terima kasihnya kepada pelatih, anggota Paskibra sendiri dan juga orang tua/ wali dari anggota Paskibraka.

"Terima kasih, kepada pelatih khususnya, yang telah melatih dan membimbing Calon Paskibraka. Kepada orang tua atau wali patut berbangga terhadap anaknya, pasalnya anak anda yang terpilih salah satunya dari sekian banyak yang mengikuti seleksi dan lolos. Untuk Calon Paskibraka, semoga nanti sukses dalam penaikan maupun penurunan bendera. Sekali lagi selamat saya ucapkan,” katanya.

Bupati juga berharap nantinya Calon Paskibraka ini bisa memanfaatkan ilmu yang didapat  selama pelatihan dan ilmu ini bisa dibagikan kepada teman-temannya.

Puncak acara adalah penyematan kendhit (sabuk) dan lencana oleh Bupati menandai dikukuhkannya Paskibraka Kabupaten Bangka Tengah tahun 2019. Acara diakhiri jabat tangan dari tamu undangan yang hadir kepada anggota Paskibraka sebagai ucapan selamat.

PASKIBRAKA sendiri memiliki beberapa istilah, PASKIBRA adalah sebutan umum pasukan pengibar bendera yang biasanya menjadi kegiatan extrakurikuler di sekolah. Sedangkan sebutan PASKIBRAKA adalah anggota Paskibra yang lolos serangkaian seleksi untuk mengibarkan bendera pusaka (duplikat) pada upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia, baik di tingkat kota/kabupaten, provinsi, maupun nasional. Selama waktu seleksi sampai 16 Agustus, seorang anggota Paskibraka masih disebut CAPASKA atau Calon Paskibraka. Ketika melaksanakan tugas 17 Agustus, anggota dinamakan PASKIBRAKA dan setelah 17 Agustus, dinamakan PURNA PASKIBRAKA. *(RIN/APJ/Foto:RDT)

 

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah