Home Wisata Danau Kaolin (Kulong Biru)

Danau Kaolin (Kulong Biru)

64
0
SHARE
Danau Kaolin (Kulong Biru)

Keterangan Gambar : Danau Kaolin (Kulong Biru)

Danau Kaolin (Kulong Biru) terletak di Desa Nibung Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah, berjarak ±60 Km dari Bandara Depati Amir dan sekitar ±15 Km dari Koba, Ibukota Kabupaten Bangka Tengah. Melalui jalur darat dapat ditempuh dalam ±60 Menit perjalanan dari Kota Pangkal Pinang. Objek wisata ini didukung dengan fasilitas kepariwisataan seperti toilet¸ pujasera, lapangan parkir yang luas dan toko cinderamata. Danau Kaolin ini sering disebut dengan istilah Kulong Biru, berasal dari bekas penambangan biji timah yang sudah lama ditinggalkan. Kelebihan danau ini yakni suasana udara yang tetap segar tanpa terganggu aroma belerang karena memang bukan kawah pegunungan.

Tiba di danau ini, traveler akan disambut dengan hamparan keindahan air yang biru dan jernih serta bukit-bukit berwarna putih dapat memanjakan mata pengunjung yang melihatnya. Pengunjung juga dapat menyusuri jalur pedestrian maupun jembatan kayu yang terhubung dengan Danau Kaolin (Kulong Biru) dan akan memberikan sensasi yang luar biasa. Kejernihan air danau yang berwarna biru tosca akan sangat kontras dipadukan dengan tekstur gundukan tanah berpasir putih, disulap menjadi bukit-bukit kecil yang mengelilingi area Danau Kaolin. Warna air ini akan berubah-ubah menyesuaikan dengan suhu udara dan pancaran sinar matahari. Pengunjung dapat mengabadikan setiap moment bahagia bersama orang-orang terdekat di spot swafoto menarik di setiap sudut danau (kulong) yang tidak ditemukan di tempat lainnya.

Kulong Biru menjadi unik dan menarik sehingga menyedot perhatian banyak turis domestik maupun mancanegara dan menjadi destinasi wisata andalan yang ada di Kabupaten Bangka Tengah. Danau Kaolin ( Kulong Biru) berhasil masuk nominasi di Destinasi Unik Terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia 2019.