Home Berita Terkini Dirgahayu Kota Koba Ke-165, Bangka Tengah Unggul

Dirgahayu Kota Koba Ke-165, Bangka Tengah Unggul

56
0
SHARE
Dirgahayu Kota Koba Ke-165, Bangka Tengah Unggul

Koba – Beberapa rangkaian kegiatan dilakukan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kota Koba ke-165. Diawali dengan rapat paripurna istimewa yang digelar oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) di ruang rapat paripurna Gedung DPRD Bateng, Kamis (01/08/2019) pagi.

Mengangkat tema “Dengan Semangat Hari Jadi Kota Koba Ke-165, Kita Tingkatkan Kerja Bersama Menuju Bangka Tengah Unggul” ini dihadiri oleh Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, M.M, Wakil Bupati Bangka Tengah Yuliyanto Satin, SE, MM, sejumlah pejabat stakeholder pemerintahan baik lintas sektoral maupun vertikal di Kabupaten Bangka Tengah dan Provinsi Bangka Belitung, para tokoh agama, para tokoh masyarakat, para tokoh pemuda dan tamu undangan lainnya.

Terbentuknya otonomi daerah memberikan kesempatan kepada setiap daerah untuk secara intensif menggali dan mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal yang selama ini ada dan hidup dalam sistem sosial masyarakatnya. Tanpa kehilangan roh nasionalisme, Koba sebagai Ibu kota Kabupaten Bangka Tengah masuk dalam catatan sejarah pulau Bangka yang memiliki sejarah mendunia. Koba dengan penduduknya yang majemuk telah menorehkan catatan emas dalam sejarah perjuangan bangsa.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Bangka Tengah, Alghafry Rahman mengatakan, Kota Koba ditetapkan berdiri pada tanggal 01 Agustus 1854 setelah melalui proses pengkajian dan penelitian yang cukup panjang juga mendalam. Hal ini tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Bangka Tengah atas persetujuan antara Pemerintah Daerah dengan DPRD Bateng Nomor 5 Tahun 2007 tentang penetapan hari jadi Koba sebagaimana diatur dalam pasal 3 ayat 1 yakni pada tanggal 1 Agustus 1854 ditetapkan sebagai hari jadi Kota Koba.

“Dengan momentum peringatan hari ulang tahun Kota Koba ke-165, sepatutnya dapat memberikan pemahaman dan pembelajaran kepada kita tentang pentingnya melestarikan sejarah dan budaya daerah kepada seluruh masyarakat dan penyelenggara pemerintah di Bangka Tengah. Mari kita tanamkan semangat kedaerahan secara proporsional dalam rangka mengokohkan semangat dan jiwa nasionalisme sebagai bagian dari kesatuan Negara Republik Indonesia,” ajaknya.

Sementara itu, Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, M.M berharap semoga momentum HUT Kota Koba ke-165 ini akan semakin memantapkan, meningkatkan serta memperkokoh tekad atas semangat juang kita untuk terus membangun juga menghantarkan Kota Koba ini sebagai Ibu kota Kabupaten yang terus lebih baik.

“Jika mengingat kembali sejarah perjuangan leluhur terdahulunya, kita perlu mengenang kembali sejarah untuk mendorong dan memotivasi kita semua. Untuk dapat bekerja bersama-sama dalam mengisi pembangunan di segala bidang sebagai wujud melanjutkan cita-cita leluhur sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kita masing-masing di dalam masyarakat maupun pemerintahan untuk mencapai Bangka Tengah yang unggul,” imbuh Ibnu.

Lebih lanjut Ibnu menambahkan, hari ini tepatnya 1 Agustus 2019, kita memperingati kembali hari bersejarah bagi kita semua yakni hari lahir Kota Koba sebagai daerah otonomi di Provinsi Bangka Belitung. Hingga saat ini Kota Koba sudah berusia 165 tahun dengan karakteristiknya tersendiri dalam mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat. Letak geografisnya yang strategis tepat berada ditengah-tengah kabupaten lainnya yang ada di Bangka Belitung menjadikannya sebagai pusat pembangunan nasional dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kabupaten lainnya.

“Beberapa pencapaian yang telah di capai oleh pemerintah daerah patut di banggakan. Semua pencapaian ini merupakan dukungan dan kerja keras semua pihak, sehingga menghantarkan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah mendapatkan penghargaan tingkat Nasional dan Provinsi dari berbagai bidang pembangunan sebanyak 18 penghargaan pada Tahun 2018,” ucap Ibnu.

Ibnu menuturkan, untuk kedepannya, masukan-masukan dan saran terhadap pembangunan dan perkembangan di semua lini sangat dibutuhkan. Tak kalah penting juga untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan serta kerukunan untuk menciptakan keamanan yang telah ada di bumi Selawang Segantang selama ini.

“Dirgahayu Kota Koba ke-165. Semoga dengan bertambahnya usia Kota Koba ini semakin meningkatkan motivasi kita bersama untuk giat membangun daerah untuk masa sekarang dan masa yang akan datang,” ajaknya.

Pemotongan tumpeng oleh Ketua DPRD Bangka Tengah menandai berakhirnya rapat paripurna pagi itu. Masih dalam rangkaian memperingati HUT Kota Koba ke-165, ditempat yang berbeda pada siang harinya diisi dengan tabligh akbar di Masjid Jami’ Koba yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Bateng. Ceramah diisi oleh Ustadz H. Das’ad Latief, S.Ag.,M.Si yang dihadir oleh kepala OPD, ASN dan masyarakat.* (RIN&RIS/WEE/Foto: RDT&FEK)

 

 

 

 

 

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah