Home Berita Terkini DPRD Bateng Laksanakan Pembahasan LKPJ Bupati Tahun Anggaran 2018

DPRD Bateng Laksanakan Pembahasan LKPJ Bupati Tahun Anggaran 2018

61
0
SHARE
DPRD Bateng Laksanakan Pembahasan LKPJ Bupati Tahun Anggaran 2018

SUNGAISELAN - Kegiatan pembahasan dan crosscheck lapangan terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Bangka Tengah (Bateng) Tahun Anggaran 2018 oleh tim panitia khusus (Pansus) Dapil II (dua) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bateng yang bertempat di Kantor Camat Sungaiselan dilaksanakan pada Selasa (23/04/2019) pagi. Hadir pada rapat pembahasan tersebut seluruh perwakilan OPD yang memiliki program dan kegiatan terkait di Kecamatan Sungaiselan. Sementara dari Pansus II DPRD Bangka Tengah dihadiri oleh dr. Sartoni, Edi Purwanto, SE,  Syahran, SE,  H. Jumrah Toha, Gunarsyah, Maryam, SH. MH, Zamhari, SE. MM dan Saparudin, AR.

LKPJ Bupati kepada DPRD ini dilaksanakan serentak oleh tim Pansus DPRD Kabupaten Bateng yang terbagi menjadi 3 wilayah Dapil dimulai Senin s.d Jum’at (22 s.d 26 April 2019). Pembagian wilayah tersebut yakni Dapil I (satu) Kecamatan Koba dan Kecamatan Lubuk Besar, wilayah Dapil II (dua) Kecamatan Sungaiselan dan Kecamatan Simpang Katis serta wilayah Dapil III (tiga) Kecamatan Namang dan Kecamatan Pangkalan Baru.

Setiap OPD diwajibkan memaparkan data yang telah disiapkan, memuat penjelasan tentang outcomes, benefits dan impact kepada DPRD. Dalam pembahasan LKPJ Bupati tidak ada bedanya dengan pembahasan pelaksanaan APBD. Juga wajib melampirkan rekapitulasi setiap kegiatan yang dilaksanakan di wilayah dapil I s.d III di Kabupaten Bateng. Untuk kelancaran pembahasan crosscheck lapangan terhadap LKPJ Bupati Bateng Tahun Anggaran 2018 setiap OPD diharuskan menyerahkan monev pelaksanaan kegiatan pada tahun 2018.

Dasar kegiatan ini adalah keputusan DPRD Kabupaten Bangka Tengah tentang Pembentukan Panitia Khusus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Bangka Tengah Akhir Tahun Anggaran 2018, Nomor: 170/132/DPRD/2019 tanggal 02 April 2019.

Salah satu pemaparan yang dijelaskan oleh Dinas Kesehatan mengenai anggaran kesehatan yang ada di Bangka Tengah ditanggapi serius oleh tim panitia khusus Dapil II, Maryam.

“Keluhan masyarakat tentang BPJS dari pemerintah kita terbatas sedangkan dipemaparan ini ada sekian Milyar yang belum terserap dengan sempurna. Kami berharap adanya sosialisasi, mengingat perekonomian masyarakat kita (Bateng) fluktuatif. Dalam artian mereka yang tadinya mampu namun karena ada sesuatu dan lain hal di tahun berikutnya mereka menjadi tidak mampu,” tegas Maryam.

Harapan kedepannya dengan adanya pembahasan ini, Pemkab Bateng mengetahui kondisi ril yang terjadi di masyarakat Bateng agar bisa dicari dan ditindaklanjuti demi kemajuan bersama menuju Kabupaten Bangka Tengah Unggul.* (KD/JP/Foto:RD)

 

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah