Home Berita Terkini Dukung Kearifan Lokal, Ibnu Saleh Ikuti Pesta Adat Nelayan Desa Batu Beriga

Dukung Kearifan Lokal, Ibnu Saleh Ikuti Pesta Adat Nelayan Desa Batu Beriga

34
0
SHARE
Dukung Kearifan Lokal, Ibnu Saleh Ikuti Pesta Adat Nelayan Desa Batu Beriga

BATU BERIGA - Bupati Bangka Tengah (Bateng) Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM, menghadiri acara pesta laut nelayan Desa Batu Beriga di Pantai Batu Beriga pada Minggu (28/04/2019) pagi. Acara adat tahunan ini dilaksanakan dalam rangka Pesta Rakyat Desa Batu Beriga yang bermakna masa istirahat masa melaut. Dihadiri juga oleh Camat Lubuk Besar Hervian Prianda, S.STP, M.Si, Kepala Desa (Kades) Beriga Gani, beserta para tokoh masyarakat, para tokoh agama serta masyarakat Desa Batu Beriga.

Dalam sambutannya, Kades Batu Beriga mengungkapkan rasa bahagianya atas apresiasi dan kepedulian Bupati Bateng terhadap tradisi pesta rakyat tahunan ini.

"Terima kasih kepada Bupati Bateng, Bapak Ibnu Saleh atas dukungan dan kepeduliannya sehingga acara pesta rakyat tahunan ini bisa terlaksana," ujar Gani.

Dalam kesempatan ini, Ibnu menyapa seluruh masyarakat Desa Batu Beriga dan menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya karena tradisi pesta rakyat berupa pesta laut nelayan ini tetap dilaksanakan setiap tahunnya.

"Terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat Desa Batu Beriga atas terlaksananya dan tetap terjaganya pesta adat ini. Mari bersama-sama kita jaga kegiatan ini agar generasi-generasi penerus kita masih mengenal adat istiadat daerah kita," ucapnya.

Ibnu Saleh juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bateng akan membangun cold storage di Desa Batu Beriga dalam waktu dekat ini. Cold storage ini diharapkan akan membantu para nelayan di Desa Batu Beriga.

"Besar harapan kami cold storage ini akan berguna bagi nelayan terutama untuk menjaga kualitas tangkapan. Harapannya, ini bisa meningkatkan pendapatan nelayan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Batu Beriga," tutupnya mengakhiri sambutan.

Acara dilanjutkan dengan rangkaian adat pesta laut, sebagai salah satu cara mensyukuri nikmat yang telah diberikan Sang Maha Pencipta.*