Home Berita Terkini Galakkan Kembali Website Desa, Diskominfosta Bangka Tengah Gelar Bimtek

Galakkan Kembali Website Desa, Diskominfosta Bangka Tengah Gelar Bimtek

87
0
SHARE
Galakkan Kembali Website Desa,  Diskominfosta Bangka Tengah Gelar Bimtek

Koba -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfosta) Bateng menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Administrator Website di Gedung Diklat Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (24/09/2019). Bimtek ini dilaksanakan  selama satu hari dan diikuti oleh 15 peserta yang merupakan operator atau administrator tiap desa/  kelurahan. Tujuan bimtek yakni untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan para administrator website desa dalam mengoperasikan website di desa masing-masing sehingga isi dari website (konten) lebih tertata dan berkesinambungan.

Kepala Diskominfosta Bateng, Zaidi, S.IP dalam sambutannya mengatakan, di setiap desa pasti ada salah seorang pelopor desa yang unggul dan itu tergantung dari manajemen desanya sendiri. Dengan demikian bimtek untuk para administrator desa ini dapat menjadikan desa-desa luar biasa dan maju, khususnya dalam bidang IT (Informasi dan Teknologi) karena personal yang unggul tadi sudah diberdayakan.

Selain itu, Zaidi juga mengharapkan agar peserta dapat menanggapi apa yang disampaikan narasumber meskipun sebenarnya administrator tersebut sudah berpengalaman atau sudah pernah menerima ilmu yang sama.

“Ketika kita terima ilmu, bisa menjadi referensi. Ilmu itu harus rajin-rajin (dipraktikkan-red). Karena  diulang jadi terbiasa. Semakin diulang semakin terbiasa dan seseorang menjadi bisa karena terbiasa,” ujarnya.

Nordianto, S.Kom, M.T.I., selaku narasumber menjelaskan bahwa pengembangan isi website di desa memang perlu di-update karena terakhir update tahun 2018. Kesimpulannya sudah hampir setahun tidak ada perbaruan isi/konten.

“Kami berharap website yang ada di desa, yang telah dibuat oleh Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa tersebut agar bisa aktif kembali. Dari 15 desa yang diundang, hanya ada 6 desa yang aktif, sedangkan yang lainnya kemungkinan ada perubahan posisi pemegang jabatan admin sehingga tidak aktif, “ katanya.

Selain itu Nordianto juga berharap agar semua peserta yang hadir dapat berkomitmen menggalakkan potensi daerah masing-masing untuk mendukung Kabupaten Bangka Tengah, khususnya pada potensi desa setempat.

“Untuk dapat melakukan semua itu, perlu keahlian. Kita harus mengerti apa fungsi dari website desa tersebut. Jika kita sudah mengerti, otomatis kita akan tahu bagaimana caranya menggalakkan atau meningkatkan potensi desa sehingga apa yang berkembang itu dapat kita promosikan dan dikenal oleh orang-orang diluar desa melalui website,”jelas Kasi Pengembangan Aplikasi, Keamanan Informasi Telekomunikasi dan Persandian di bidang Penyelenggaraan E-Government Diskominfosta tersebut.

Acara yang berlangsung dengan baik tersebut diakhiri dengan sesi belajar editing gambar/foto menggunakan Photoshop. Seusai acara rencananya akan dibuat WAG (WhatsApp Group) sebagai media komunikasi dan koordinasi para peserta bimtek sehingga ilmu yang diberikan tidak akan berhenti di hari ini melainkan tetap bisa didiskusikan dan dipelajari secara terus-menerus. *(QRY/APJ/Foto:FEK)

 

Sumber : Diskominfosta Bateng