Home Berita Terkini HUT Ke-58, Pramuka Bangka Tengah Siap Membangun Keutuhan NKRI

HUT Ke-58, Pramuka Bangka Tengah Siap Membangun Keutuhan NKRI

253
0
SHARE
HUT Ke-58, Pramuka Bangka Tengah Siap Membangun Keutuhan NKRI

KOBA - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Bangka Tengah selenggarakan Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-58 tahun 2019 di Pantai Sumur 7 Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, pada Rabu (14/08/19), dengan tema nasional Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI. Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Kwartir Cabang Bangka Tengah, Drs. Sugianto, M.Si, selaku pembina upacara.

Dalam sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, disebutkan oleh  Sugianto beberapa prinsip pokok agar Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia berjalan sesuai dengan tema yang didengungkan, yakni upaya pencegahan korupsi, terorisme, radikalisme, dan narkoba;  utamakan konsumsi bahan pangan local; kurangi sampah plastik,; berperan aktif dalam kewaspadaan bencana; standardisasi seragam pramuka nasional; serta peluncuran Pramuka Pra-Siaga untuk anak pra-sekolah secara nasional.

Sugianto juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para peraih penghargaan Darma Bakti, khususnya untuk Ketua Mabicab (Majelis Pembimbing Cabang), juga atas diperolehnya Lencana Pancawarsa untuk para Andalan Cabang (pengurus Kwartir-red). Pancawarsa sendiri adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka, sebagai penghargaan atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka selama lima tahun atau kelipatannya secara terus menerus.

“Kami ucapkan juga, selamat atas dilantiknya Ketua Pusdiklatcab (Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang), atas terpilihnya 11 orang pelatih dan juga kepada peserta KMD (Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar-red) baik itu dari Kwarcab Bangka Tengah maupun dari Bangka Selatan,” tambahnya.

Diakhir sambutannya, Ketua Kwarcab Bateng tersebut menyampaikan Gerakan Pramuka merupakan tanggung jawab semua pihak demi mewujudkan tujuan dan harapan bangsa di masa depan ke arah yang lebih baik.

Kita bersama-sama mengharapkan hendaknya kegiatan seperti ini dapat menghasilkan sesuatu yang produktif bagi eksistensi kepramukaan guna peningkatan persatuan dan kesatuan bangsa sekaligus selalu berperan aktif dalam setiap kegiatan yang berdasarkan pada prinsip-prinsip pembangunan yang berlandaskan Pancasila,ujarnya.

Hadir dalam upacara tersebut para Ketua Kwartir Ranting se-Bangka Tengah, para Ketua Gugus Depan se-Bangka Tengah, para anggota Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), serta peserta dari SD, SMP, SMA dan yang sederajat serta Pondok Pesantren se-Bangka Tengah. *(QRY/APJ/Foto:FEK)

 

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah