Home Berita Terkini Kunker Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan ke Kecamatan Sungaiselan

Kunker Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan ke Kecamatan Sungaiselan

211
0
SHARE
Kunker Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan ke Kecamatan Sungaiselan

Sungaiselan – Direktorat Jendral (Ditjen) Peternakan dan Kesehatan Hewan melakukan kunjungan kerja (Kunker) dalam rangka tindak lanjut kunjungan DPR RI Komisi IV pada bulan Maret lalu terkait dengan Pengembangan Peternakan Integrasi Sapi Sawit di Kampung Integritas Sapi Sawit Kelompok Tani Tunas Baru Kecamatan Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah, Kamis(23/07/2020).

Kunjungan Kerja Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan ke Kampung Integritas Sapi Sawit Kelompok Tani Tunas Baru Kecamatan Sungai Selan dipimpin oleh Sajidin, SE., M.Si selaku Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah didampingi Edi  Romdhoni, SP. MM., selaku Kepala Dinas Pangan Bangka Tengah menyambut baik kunjungan kerja Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Dalam Kunker ini, rombongan Ditjen Peternakan Dan Kesehatan Hewan rombongan menyampaikan maksud dan tujuannya untuk mengetahui pengembangan peternakan integrasi sapi sawi di Kecamatan Sungai Selan.

Mengawali sambutannya drh. Makmun, M.Sc selaku Direktur Pakan Kementerian Pertanian menyampaikan kekagumannya atas segala upaya yang selama ini sudah dilakukan.

“Kami akan memberikan bantuan berupa mesin pengolahan di Tahun Anggaran 2021, dan kami sudah melaporkan kondisi sapi di sini yang terus meningkat. Mudah-mudahan ini bisa terus berkembang ke desa-desa lain," ujarnya.

Sekor Pertanian di Kabupaten Bangka Tengah, terutama subsektor peternakan di mulai dengan pengadaan 600 ekor sapi pada tahun 2010 yang terus berlanjut hingga tahun 2019. Kemudian peternakan di Kabupaten Bangka Tengah semakin meningkat populasinya menjadi 5.129 ekor (data PSPK 2019-red).

Peningkatan populasi ternak ini menjadikan Bangka Tengah sebagai kabupaten dengan jumlah sapi terbanyak se-provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Hal ini tentu saja menjadi kebanggaan bagi Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah. Prestasi ini tentu saja menjadikan Bangka Tengah semakin semangat untuk meningkatkan populasi sapi, didukung dengan semakin meningkatnya minat masyarakat untuk memelihara sapi. Parameter ini ditandai dengan semakin bertambahnya daftar tunggu anggota di kelompok tani.

Diakhir acara dilakukan tanya jawab Kelompok Tani Tunas Baru dengan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan. Acara ini dihadiri oleh Rombongan Ditjen Pakan Kementerian Pertanian, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Pangan, Kepala Bappelitbangda, Kepala Litbang Pertanian, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Babel, Camat Sungai Selan, Lurah Sungai Selan, Koordinator BPP Sungaiselan, PPL Kecamatan Sungai Selan, para Penyuluh Pertanian dan seluruh anggota Kelompok Tani.* (UMM/WEE/Foto: MRT)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah