Home Berita Terkini Lomba Bercerita Siswa SD/MI se Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2020

Lomba Bercerita Siswa SD/MI se Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2020

210
0
SHARE
Lomba Bercerita Siswa SD/MI se Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2020

Koba – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kabupaten Bangka Tengah menggelar acara “Lomba Bercerita Bagi Siswa Sekolah Dasar (SD/MI) se Kabupaten Bangka Tengah”, Selasa (10/3/2020) bertempat di Waterpark Tirtonirmolo, Desa Terentang III. Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Budi Utama, S.STP.,M.Si. Peserta lomba tersebut berjumlah 89 orang terdiri dari 84 siswa SD/MI dan 5 orang anak berkebutuhan khusus (ABK).

Dalam sambutannya, Budi Utama menjelaskan kegiatan lomba bercerita anak-anak ini bertujuan menumbuhkembangkan daya minat baca anak-anak. Membudayakan gemar membaca dalam suatu pendidikan tidaklah mudah namun tidak sulit, intinya harus dilakukan secara berkelanjutan.

“Penanganannya tidaklah cukup oleh guru ataupun komunikasi di sekolah, melainkan dilakukan bersama-sama yaitu pendidikan dari orangtua, masyarakat dan pemerintah. Kegiatan lomba bercerita dengan tema cerita daerah ini tidak hanya mengacu pada minat baca, akan tetapi juga memperkenalkan cerita daerah kepada anak untuk dipahami dan dapat dijadikan pelajaran,” ujar Budi Utama.

Budi Utama menjelaskan membaca tidak lagi terpaku pada membaca kertas, karena segala informasi di zaman sekarang telah tersedia dalam bentuk digital melalui internet dan media elektronik lainnya, dengan begitu sudah seharusnya kita tingkatkan minat baca. Saat ini kebanyakan anak-anak lebih suka menyaksikan audio visual daripada membaca. Maka, melalui lomba ini diharapkan mereka beralih menjadi suka membaca. Karena mau tidak mau, untuk bisa menceritakan kepada audiens, peserta tentu harus membaca berulang-ulang suatu cerita sampai paham.

Ia juga mengatakan bahwa bercerita merupakan suatu metode sekaligus media komunikasi yang menjadi tradisi dari generasi ke generasi. Bercerita kepada anak merupakan salah satu metode pembelajaran yang ampuh untuk menanam juga menumbuhkan kepribadian anak sejak dini.

Mengakhiri kata sambutannya, Budi Utama mengharapkan kepada orangtua agar dapat meluangkan sedikit waktu setiap harinya untuk bercerita kepada anak dan mendengarkan mereka. Mereka membutuhkan perhatian, mereka butuh didengar. InsyaAllah, anak-anak yang mendapatkan perhatian cukup akan menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah.* (IRV/WEE/Foto : IRV)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah