Home Berita Terkini Lomba Memasak Ikan Tingkat Provinsi Tahun 2019

Lomba Memasak Ikan Tingkat Provinsi Tahun 2019

66
0
SHARE
Lomba Memasak Ikan Tingkat Provinsi Tahun 2019

Koba - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Lomba Masak Ikan (LMI) Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2019 dengan tema Ragam Menu Masakan Ikan untuk Menyehatkan Masyarakat, Mencegah Stunting dan Mencerdaskan Anak”. Acara yang bertempat di Alun-alun Koba, Kamis (05/09/2019) ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan dalam rangka memasyarakatkan konsumsi ikan.  Lomba ini menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan konsumsi ikan dengan cara mengembangkan jenis olahan makanan yang berbahan baku ikan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dasminto, S.Pi, M.Si, dalam sambutannya mengatakan bahwa ketahanan pangan dan gizi masih menjadi isu penting disamping ketahanan ekonomi dan energi. Menurutnya, sebagai lembaga pemerintahan DKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merasa bertanggung jawab untuk ikut berperan aktif dalam menangani masalah pangan yang bersumber dari produk-produk kelautan dan perikanan, serta mendukung terwujudnya ketahanan pangan dan gizi provinsi melalui bahan pangan yang berasal dari ikan.

“Budaya makan ikan itu patut kita tiru dan kita tanamkan kepada anak-anak sejak dini juga kepada penerus bangsa. Banyak cara yang bisa kita lakukan agar konsumsi ikan ini lebih disukai diantaranya dengan cara mengolah makanan berbahan dasar serba ikan menjadi makanan yang lezat dan enak melalui olahan yang lebih kreatif dan inovatif. Maka dari itu Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada hari ini dengan dukungan dari semua pihak menyelenggarakan kegiatan lomba masak serba ikan ini sebagai bentuk kepedulian kami akan generasi penerus Bangsa Indonesia,” ujar Dasminto.

TP PKK Provinsi Babel yang diwakili oleh Latsmi Damayanti Abdul Fatah selaku istri Wakil Gubernur Babel, dalam sambutannya mengajak semua yang hadir dalam acara tersebut untuk mengurangi sampah plastik sehingga tidak mencemari laut dan dimakan ikan.

Mari kita bersama-sama menjaga lingkungan dan pulau kita agar lebih baik dan jauh dari jangkauan polusi serta sampah plastik,ajak Latsmi.

Dalam sambutan Bupati Bangka Tengah yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bateng, Sugianto, M.Si,  mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kepulauan Babel yang sudah menunjuk Bangka Tengah sebagai lokasi perlombaan tingkat provinsi.

“Insya Allah kegiatan ini memberi manfaat bagi kami khususnya Ibu-ibu PKK, Ibu Darma Wanita untuk terus menggalakkan pentingnya memasak ikan dan mempersiapkan kebutuhan protein anak-anak kita baik itu nabati maupun hewani, untuk terus kami galakkan,ujar Sugianto.

Staff Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ir. H. Toni  H. A. Batubara, S.E, MP, dalam sambutannya mengatakan bahwa Provinsi Bangka Belitung mempunyai potensi yang luar biasa dari sektor kelautan dan perikanan. Menurutnya potensi ini harus dapat diwujudkan dan dirasakan manfaatnya secara berkelanjutan sehingga mempercepat tercapainya tujuan pembangunan daerah di Kepulauan Babel yang merupakan wilayah perairan. Tidak mengherankan jika sektor perikanan lebih diharapkan untuk dapat berperan besar dalam pembangunan perekonomian di Provinsi Kepulauan Babel.

Upaya peningkatan konsumsi ikan oleh masyarakat Kepulauan Bangka Belitung terus dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan melalui kampanye gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan) dalam rangka peningkatan pengetahuan masyarakat tentang kandungan gizi dan manfaat ikan, menumbuhkan kreativitas dalam mengolah ikan untuk keperluan konsumsi dan usaha kuliner sebagai sumber pendapatan keluarga, serta mendekatkan produk perikanan kepada masyarakat Kepulauan Bangka Belitung,ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Direktorat Jenderal Penguatan Gaya Sains Produk Kelautan Negeri dan Perikanan KKP Republik Indonesia, anggota Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah, para ketua/perwakilan PKK se-Bangka Belitung, para ketua/perwakilan DWP se-Bangka Belitung, para ketua/perwakilan  Himpaudi se-Bangka Belitung.

Di akhir acara diperoleh pemenang Lomba Masak Ikan Tingkat Provinsi Babel yakni Juara 1 dari TP PKK Kabupaten Bangka Selatan, Juara 2 dari TP PKK Pangkalpinang, Juara 3 dari TP PKK Kabupaten Belitung. Sementara itu Juara Harapan 1, 2, 3 dan 4 diperoleh TPP PKK Kabupaten Bangka Tengah, Belitung Timur, Bangka Barat dan Bangka.* (QRY/WEE-APJ/Foto:UMM)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : Diskominfosta Bateng