Home Berita Terkini Lomba Senam Bedincak Kabupaten Bangka Tengah, Ibnu Saleh: Senam Bedincak Wajib Setiap Jumat

Lomba Senam Bedincak Kabupaten Bangka Tengah, Ibnu Saleh: Senam Bedincak Wajib Setiap Jumat

155
0
SHARE
Lomba Senam Bedincak Kabupaten Bangka Tengah, Ibnu Saleh: Senam Bedincak Wajib Setiap Jumat

Koba - Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM secara resmi membuka acara Lomba Senam Bedincak yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Bangka Tengah, Kamis (31/10/2019). Lomba Senam Bedincak digelar oleh Kapolres Bateng didukung oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah ini diikuti oleh ratusan peserta yang sangat antusias mengikuti acara ini.

Dalam sambutannya, Ibnu Saleh berujar bahwa Senam Bedincak merupakan gabungan gerakan tari Melayu dan senam atau gerakan olahraga dan seni. Senam Bedincak disamping membuat kita sehat juga menambah nilai artistik dari gerakan senam itu sendiri.

“Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah menghimbau agar setiap Jumat diwajibkan untuk Senam Bedincak dulu baru ditambah dengan senam lainnya,” tutur Ibnu. 

Kapolres Bangka Tengah, AKBP Slamet Ady Purnomo selaku tuan rumah acara Senam Bedincak mengungkapkan lomba ini memperebutkan piala Kapolres Cup dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2019.

“Tujuan dilaksanakannya lomba ini adalah untuk mempererat silaturahmi, persatuan serta kesatuan seluruh elemen masyarakat khususnya Kabupaten Bangka Tengah untuk mempersiapkan kegiatan Senam Bedincak massal di Provinsi Babel,” pungkasnya.

Menurut AKBP Slamet Ady Purnomo, Target ke depannya Senam Bedincak ini dilakukan secara massal untuk memecahkan Rekor MURI dengan mengerahkan sekitar 100.000 peserta Senam Bedincak se- Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Diharapkan semua akan membudayakan senam ini di seluruh pelosok Kepulauan Bangka Belitung,” ujarnya.

Senada dengan Kapolres Bateng, Ibnu Saleh mengungkapkan bahwa senam ini harus dimasyarakatkan di Kabupaten Bangka Tengah yang tentunya nanti menjadi kebanggaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang mempunyai senam khas dari daerah sendiri. Kegiatan ini tidak hanya untuk memperebutkan gelar juara yang paling penting adalah silaturahim diantara peserta dan juga menjadikan badan lebih sehat.

Senam Bedincak merupakan budaya khas tanah Melayu Bangka Belitung dan kebanggaan dari Bangka Belitung dalam memberikan gambaran seni dan budaya di Kepulauan Bangka Belitung. Ini merupakan inovasi dari Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Istiono, M.H. yang awalnya memiliki angan dan cita-cita bahwa Senam Bedincak ini akan mendunia, akan menjadi suatu kepopuleran dalam ranah nasional. Diharapkan senam ini dapat diterima masyarakat tidak hanya di Kepulauan Babel saja namun di seluruh Indonesia.

Ibnu Saleh juga memberikan ucapan selamat kepada Kapolres dan jajarannya atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Semoga sukses sesuai dengan rencana dan kita harapkan peserta yang terbaik akan mewakili Kabupaten Bangka Tengah untuk mengikuti lomba Senam Bedincak ditingkat provinsi dalam memperebutkan Piala Kapolda Cup 2019,” harap Ibnu Saleh menutup sambutannya.

Ucapan motivasi sebelum berlomba juga diutarakan oleh Kapolres Bateng.

 “Selamat mengikuti lomba Senam Bedincak dengan penuh semangat sportifitas. Kalah dan menang hal yang biasa karena setiap perlombaan pasti ada kemenangan dan kekalahan, tetapi yang perlku kita pegang teguh adalah sportifitas,” ujar Kapolres Bateng.

Lomba Senam Bedincak ini diikuti sebanyak 32 peserta SD, 18 peserta SMP, 16 peserta SMA, 28 peserta dari kelompok umum serta 5 peserta dari Polri. Hadir dalam acara tersebut Kapolres Bangka Tengah, Dandim 0413 Bangka yang diwakili oleh Danramil Koba, perwakilan Kajari Bangka Tengah, Wakil Bupati Bangka Tengah, Kepala Kanwil Kemenag Bateng, para Staf Ahli, para Asisten, para Camat, Pemrakarsa Senam Bedincak Polda Kepulauan Bangka Belitung, para Kepala OPD, para Kabag, para guru serta peserta lomba senam.* (WEE /APJ/Foto:RIN)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah