Home Berita Terkini Pasar Siaga Peduli Protokol Kesehatan Covid-19 di Desa Namang

Pasar Siaga Peduli Protokol Kesehatan Covid-19 di Desa Namang

72
0
SHARE
Pasar Siaga Peduli Protokol Kesehatan Covid-19 di Desa Namang

Namang - Memasuki tatanan Normal Baru (New Normal) Kepolisian Resort Bangka Tengah (Bateng) yang dipimpin oleh Kapolres Bateng, AKBP Slamet Ady Purnomo bersama Kepala Disperindagkop-UKM Bateng, Drs. Kaharuddin, Camat Namang Ema Febriyarti, Kapolsek Namang Deka Jhon Derry, Kabag OPS Polres Bateng, Danpos TNI, BPBD Bateng, Dinkes, Babinsa, Kades Namang, Ka UPT Pasar Namang, serta Ka Puskesmas Namang meninjau secara langsung transaksi jual beli di Pasar Namang dalam rangka pencegahan dan pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19, Sabtu (27/06/2020) pagi.

Sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 pengunjung pasar Namang akan dicek suhu tubuh terlebih dahulu kemudian dipersilakan mencuci tangan dan bertransaksi jual beli dengan menjaga jarak. Dari 18 lapak penjual yang beroperasi di pasar ikan Namang, para penjual diatur jaraknya secara selang seling sehingga jarak aman sesuai protokol kesehatan Covid-19 pun terlaksana.

Tak lupa pula para penjual memakai masker juga sarung tangan yang sudah disediakan pihak UPT Pasar Namang. Para pembeli pun dianjurkan untuk memakai masker, menjaga jarak saat bertransaksi atau tidak bergerombol juga mencuci tangan sebelum dan setelah bertransaksi.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Bateng yang berdialog langsung dengan para warga mengingatkan agar masyarakat selalu melaksanakan protokol kesehatan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah pusat.

“Pasar merupakan kluster terentan yang secara cepat dapat menyebarkan virus Covid-19. Pemerintah tidak henti-hentinya melakukan koordinasi dengan pihak TNI maupun Polri untuk melakukan himbauan, sosialisai serta pengetahuan kepada masyarakat tentang dampak yang ditimbulkan virus ini,” papar Slamet.

Slamet juga mengingatkan kepada para penjual maupun pembeli agar terus menjaga kesehatan, kebersihan serta wajib memakai masker. Ia berharap agar di Bangka Tengah khususnya di Pasar Namang  yang merupakan pasar peduli protokol kesehatan Covid-19, agar tidak ada lagi penularan virus Covid-19 ini karena sudah menerapkan protokol kesehatan secara baik dan benar.

Ucapan terima kasih atas dukungan Pemkab, TNI, juga seluruh stakeholders yang terlibat terhadap dukungan akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan Covid-19 agar nantinya tercipta kesadaran dan kedisiplinan di masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Drs. Kaharuddin selaku Kepala Disperindagkop-UKM sangat mengapresiasi giat pasar peduli protokol kesehatan Covid-19 di Pasar Namang akan kesadaran dan ketertiban yang sudah dilakukan oleh penjual maupun pembeli. Menurutnya pihak UPT Pasar Namang akan selalu mengingatkan masyarakat agar melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 jika ada pihak yang tidak patuh dalam pelaksanaan kesehariannya.

Kedepannya, Kaharuddin menjelaskan masyarakat akan berbelanja dengan menggunakan uang koin saja. Hal ini dimaksudkan agar koin bisa dicuci setelah melakukan transaksi jual beli. Koin juga bisa diletakkan diwadah terrtentu sehingga tidak terjadi kontak secara langsung antara penjual dan pembeli.

“Ini sudah pernah kita sampaikan ke Kemendagri (terkait penggunaan koin-red) dan akan diimplementasikan di pasar-pasar yang ada di Bangka Tengah hingga pandemi ini berakhir,” ujar Kaharuuddin.

Camat Namang, Ema Febriyarti akan mendukung program Pemkab Bateng dan tetap berperan aktif untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kecamatan Namang dengan secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan 3x dalam seminggu.* (WEE/APJ/Foto: WEE)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah