Home Berita Terkini Pembukaan Festival Bangka Tengah Berliterasi 2019, Si Unggul Bergema

Pembukaan Festival Bangka Tengah Berliterasi 2019, Si Unggul Bergema

77
0
SHARE
Pembukaan Festival Bangka Tengah Berliterasi 2019, Si Unggul Bergema

Pangkalanbaru - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menyelenggarakan Festival Bangka Tengah Berliterasi tahun 2019 di halaman Eks. Bandara Depati Amir, Kecamatan Pangkalanbaru yang berlangsung selama dua hari pada Rabu dan Kamis (30-31 Oktober 2019).  

Mengusung tema “ Si Unggul Bergema “ (Siswa, Umum, Guru Menulis Bersama Gemar Membaca), acara pembukaan Fesival Bangka Tengah Berliterasi ini disambut dengan tarian Seribu Buku oleh 500 siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) yang berada di Kabupaten Bateng yakni SDN 1,2,3 dan 4 Pangkalanbaru yang dilaksanakan pada Rabu (30/10/2019). Teriknya matahari tidak menyurutkan semangat para siswa-siswi dalam mengikuti tarian Seribu Buku untuk membuka acara Festival Bangka Tengah Berliterasi 2019.

Festival Bangka Tengah Berliterasi 2019 ini dibuka secara resmi oleh Bupati Bangka Tengah, Dr.Ir.H. Ibnu Saleh, MM. Dalam sambutannya, Ibnu Saleh mengatakan bahwa literasi bukan hanya sekadar membaca, tetapi bagaimana seseorang bisa menyerap nilai-nilai positif dari apa yang dibaca. Menurutnya, kalau sekadar bisa baca banyak, tetapi belum tentu terliterasi dengan baik.

“Sebagai bangsa yang besar, Indonesia khususnya Kabupaten Bangka Tengah harus mampu mengembangkan budaya literasi sebagai prasyarat kecakapan hidup abad 21 melalui pendidikan yang terintegrasi, mulai dari keluarga, sekolah sampai dengan masyarakat. Penguasaan enam literasi dasar yang disepakati oleh World Economic Forum menjadi sangat penting tidak hanya bagi peserta didik tetapi juga bagi orang tua dan seluruh warga masyarakat. Enam Literasi Dasar tersebut mencakup Literasi Baca Tulis, Literasi Numerasi, Literasi Sains, Literasi Digital, Literasi Finansial dan Literasi Budaya dan Kewargaan,” ujarnya.

Pintu masuk untuk mengembangkan Budaya Literasi Bangsa adalah melalui penyediaan bahan bacaan dan peningkatan minat baca anak sebagai bagian penting dari penumbuhan budi pekerti, minat baca anak perlu dipupuk sejak usia dini. Seperti diketahui, gerakan literasi merupakan amanat dari Pembukaan UUD 1945 sehingga gerakan literasi yang terus digaungkan Pemerintah harus sejalan dengan hal tersebut.

Pada kesempatan yang sama Budi Utama, S.STP., M.Si selaku Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bateng mengatakan bahwa penyelenggaraan Festival Bangka Tengah Berliterasi ini dimaksudkan sebagai upaya Pemerintah Daerah untuk meningkatkan budaya literasi di masyarakat dan sekolah terutama dalam kegiatan membaca dan menulis.

Ia menambahkan jika gerakan literasi ini yang dijalankan, terutama di satuan pendidikan dapat mendorong tumbuh-kembangnya kemandirian dan inovasi warga. Dalam upaya menumbuh kembangkan budaya membaca dan betapa pentingnya peran budaya membaca dalam memperteguh dan mengembangkan daya kemampuan.

“Marilah kita tumbuhkan minat membaca untuk menambah wawasan kita mengenai dunia dan lingkungan sekitar kita. Perpustakaan sebagai pusat Literasi di tengah masyarakat tidak akan terwujud jika daerah masih abai dalam pemeliharaan dan pemanfaatan perpustakaan, terutama di desa," jelas Budi.

Penyerahan secara simbolis kunci mobil Perpustakaan Keliling dari Perpusnas kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah diterima secara langsung oleh Bupati Bangka Tengah sekaligus pemberian piagam Bangka Tengah Berliterasi dari Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung.

Kesuksesan acara ini berkat kerjasama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Tengah dengan Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Festival Bangka Tengah Berliterasi ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yaitu lomba pantun, lomba mewarnai untuk tingkat SD dari kelas 4 hingga kelas 6 juga kegiatan talkshow untuk mahasiwa beserta guru - guru oleh Pendiri Literasi Nasional, Dra.Pangesti Wiedarti , Ph.D.

Hadir pada acara ini, Kepala Perpustakaan Nasional diwakili Sekretaris, Sri Sumekar, Pendiri Literasi Nasional, Pangesti Weidarti, Kepala LPMP Babel, Yani Paryono dan Kapolres Bateng AKBP Slamet Ady Purnomo, Sekda Bateng Drs. Sugianto, M.Si, para Kepala OPD Bateng, para Staf Ahli, para Asisten, anggota DPRD Bateng, Perwakilan Dandim Bangka, para Camat, para Lurah, para Kepala Desa, para Guru serta tamu undangan lainnya.

Beberapa UMKM, bazar buku,  Angkasa pura II, Karang Taruna Dubes (Dul Bersatu) Kelurahan Dul dan perusahaan PT PLN (Persero) ikut serta dalam memeriahkan acara Festival Bangka Berliterasi tahun 2019.* (UMM/WEE/Foto: MRT)

 

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah